Saat ini terdapat banyak ide bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun dari sekian banyaknya ide bisnis tersebut tidak semuanya bisa dijalankan dengan mudah. Walaupun tidak mudah, Anda harus berani mencoba dan memulainya. Sebab, yang terpenting dari sebuah bisnis adalah memulainya terlebih dahulu.

 

Sebagai contoh adalah Gojek, yang terinspirasi hanya dari tukang ojek dan menjadi solusi mobilitas ditengah kemacetan. Namun Gojek mengemas ide tersebut dengan baik bahkan mengagumkan. Sehingga tidak mengherankan jika saat ini Gojek menjadi perusahaan unicorn di Indonesia.

 

Dalam menjalankan bisnis online, pasti semua orang menginginkan yang namanya keuntungan. Namun jika Anda belum menemukan ide Apa yang akan dijalankan. Berikut kami berikan referensi ide bisnis online yang menguntungkan.

 

1 Affiliate Marketing

 

Ide bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan pertama adalah affiliate marketing. Pada dasarnya Affiliate marketing ini seperti broker atau makelaran. Secara teknis Anda memasarkan dan menjualkan produk/jasa milik orang lain, atas nama pemilik produk/jasa, dan ketika terjadi penjualan, Anda akan mendapatkan komisi yang telah ditentukan.

 

Affiliate marketing ini sebenarnya cukup menjanjikan selama masih ada pihak-pihak yang ingin fokus pada produk dan layanan after salesnya. Sehingga untuk urusan marketing dan sales sebagian besar diserahkan pada para affiliate marketer ini.

 

Jika Anda tertarik memulai ide bisnis online affilaite marketing ini, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan beberapa akun affiliate network seperti, Clickbank, Tokopedia, bukalapak, dll. Kemudian link kode afiliasi ini bisa Anda share di media social, share whatsapp, menggunakan website dan masih banyak yang lainnya.

 

2. Copywriter

 

Menulis merupakan hal yang mudah. Namun membuat sebuah tulisan yang enak dibaca dan mampu mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu merupakan sesuatu hal yang sulit. Jika Anda punya kemampuan copywriting, maka Anda bisa menjalankan bisnis online sebagai copywriter.

 

Copywriter adalah orang yang membuat copywriting. Copywriting sendiri bertujuan untuk membangun kesadaran calon pembeli terhadap suatu produk atau bisnis melalui tulisan.

 

Teknisnya dengan menjelaskan atau mengkomunikasikan penawaran kepada calon pembeli dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Selain itu dengan copywriting bisa membuat orang yang membaca menjadi tertarik dan muncul keinginan untuk membeli.

 

Untuk memulai bisnis online sebagai seorang copywriter Anda hanya cukup bermodalkan kemampuan menulis. Sedangkan untul memasarkannya Anda bisa menggunakan sosial media atau melalui situs freelance.

 

peluang bisnis anti corona

 

3. Freelancer

 

Bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan berikutnya adalah dengan menjadi seorang freelancer. Freelancer berarti pekerja lepas atau dengan kata lain tidak ada keterikatan antara pihak pekerja dan yang mempekerjakan. Begitu pekerjaan selesai, seorang freelancer kemudian dibayar sesuai dengan apa yang dia kerjakan atau sesuai dengan kesepatakatan.

 

Untuk menjalankan bisnis online sebagai seorang freelancer ini ada banyak sekali peluang yang bisa Anda ambil. Mulai dari translator, input data, membuat logo dan desain grafis hingga membuat software. Dan enaknya lagi, dengan memulai bisnis online sebagai seorang freelancer ini Anda tidak perlu keluar uang dan tidak perlu keluar rumah untuk bekerja.

 

Modalnya hanyalah skill yang Anda punya. Kalau Anda punya kemampuan bahasa asing, maka Anda bisa memulai bisnis online sebagai translator. Kalau Anda punya kemampuan menulis dengan cepat, Anda bisa memulai bisnis online dalam bidang input data.

 

Selain itu Anda juga perlu bergabung ke platform freelance untuk mendapatkan job. Beberapa platform yang bisa Anda coba antara lain :

 

  • Sribulancer
  • Upwork
  • Freelancer
  • Fiverr
  • Toptal
  • Flexjob
  • Projects
  • Fastwork
  • dll

 

Di Indonesia ada cukup banyak anak muda yang memulai bisnis online nya dengan menjadi seorang freelancer. Setelah cukup lama sebagai seorang freelancer kemudian membuka bisnis agensi yang juga mempekerjakan para freelancer.

 

4. Influencer

 

Influencer adalah orang-orang yang mempunyai cukup banyak followers dan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap followersnya.

 

Contoh dari influencer ini antara lain :

 

  • Blogger
  • Youtuber
  • Selebgram

 

Jika Anda punya blog dan pembacanya cukup banyak, punya akun akun Youtube dengan banyak subscribers dan punya akun Instagram dengan banyak followers, Anda bisa memulai bisnis online dengan menjadi influencer.

 

Namun bagi Anda yang belum punya banyak followers, namun ingin menjadi influencer, Anda tidak perlu berkecil hati.

 

Hal ini dikarenakan jumlah pembaca, jumlah followers dan jumlah subscribers itu bisa dikejar dengan konten yang berkualitas dan pendistribusian konten yang tepat.

 

Dengan memulai bisnis online melalui influencer ini Anda akan mendapatkan uang dari bisnis atau perusahaan yang memakai jasa Anda untuk memasarkan produk/layanannya. Anda akan dibayar per iklan tayang atau berdasarkan waktu kontrak.

 

Jika followers Anda sudah cukup banyak, Anda bisa mencari job secara langsung atau melalui marketplace seperti :

 

  • Sociabuzz
  • Sociago
  • Buzzohero
  • Iconreel
  • dll

 

 

baca juga : tips sukses usaha toko kelontong di era globalisasi

 

5. Jasa Konsultasi Online

 

Ide bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan kelima adalah jasa konsultasi online. Saat ini untuk bisa konsultasi dengan para ahli di bidangnya tidak perlu tatap muka. Cukup dengan website, sosial media atau aplikasi smartphone dan koneksi internet orang sudah bisa membuka jasa konsultasi online.

 

Sudah ada yang mengeksekusi ide ini tetapi jumlahnya masih belum seberapa jika dibandingkan dengan potensi pasar yang ada. Beberapa diantaranya seperti :

 

  • Pijar Psikologi
  • Halodoc
  • Hukumonlune

 

Kalau Anda punya spesialisasi di bidang tertentu, Anda bisa memulai bisnis online dengan membuka jasa konsultasi online ini.

 

6. Jasa Penulisan Artikel

 

Kalau Anda suka menulis atau punya kemampuan dalam menulis, selain memulai bisnis online sebagai copywriter Anda juga bisa mengeksekusi ide jasa penulis artikel.

 

Banyak sekali website dan juga para blogger membutuhkan jasa penulisan artikel ini. Tarif jasa penulisan artikel pun juga bervariasi, mulai dari Rp5.000 per artikel hingga puluhan ribu per artikel, tergantung jumlah kata dan juga kualitas artikelnya.

 

Katakanlah Anda bisa membuat 5 artikel dalam sehari dengan harga per artikelnya Rp30.000. Maka dalam sehari Anda paling tidak mendapatkan Rp150.000. Jika dikalikan selama 30 hari maka potensi pendapatan Anda adalah Rp4.500.000. Modalnya hanya kemampuan riset dan menulis saja.

 

Untuk mendapatkan job menulis artikel ini juga cukup mudah. Anda bisa mencari job di situs freelance atau menawarkan jasa Anda melalui forum atau Facebook Group.

 

7. Jual Beli Domain Atau Website (Flipping)

 

Ide bisnis online yang menguntungkan dan menjanjikan ini istilah populernya adalah flipping. Kegiatan yang dilakukan adalah membeli domain atau website, kemudian mengelolanya lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

 

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain :

 

  • Membuat website mulai dari nol dengan domain yang baru, meningkatkan performa dan nilainya lalu menjualnya.
  • Membeli website dan domain yang sudah jadi, namun performanya masih kurang bagus, memperbaikinya lalu menjualnya.
  • Membeli website dan domain yang sudah benar-benar bagus performanya, lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

 

Untuk mengeksekusi ide bisnis online ini Anda perlu mempunyai pengetahuan yang baik tentang website, traffic dan juga metric website. Dan untuk melakukan jual beli domain dan website ini Anda bisa melakukannya di situs berikut ini :

 

  • Flippa
  • id
  • Trademysite
  • Afternic
  • Empire Flipper
 
8. Membuat kursus online/digital produk

 

Ide bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan berikutnya adalah dengan membuat kursus online atau digital produk.

 

Modal yang Anda perlukan untuk mengeksekusi ide bisnis online ini adalah rekaman layar komputer Anda jika ingin membuat kursus online. Dimulai dengan menentukan topik kursus, membuat kurikulum, slide presentasi kemudian merekamnya menjadi sebuah modul.

 

Selain kursus online Anda juga bisa menjual produk digital. Produk digital ini contohnya WordPress Theme, slide presentasi, template video hingga aplikasi untuk smartphone.

 

Untuk produk digital, jika Anda punya kemampuan programming, Anda bisa membuat aplikasi atau tools Anda sendiri. Namun jika Anda tidak punya kemampuan tersebut, Anda bisa membeli produk digital yang sudah jadi dengan lisensi PLR atau white label.

 

Tempat yang bisa Anda jadikan tempat untuk mencari produk digital white label antara lain :

 

  • CodeCanyon
  • Codester
  • GPLDL

 

9. Dropshipping

 

Ide bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan yang kesembilan adalah dropshipping. Dropshipping ini cara kerjanya hampir mirip dengan affiliate marketing. Bedanya dropshipping ini yang dikirimkan adalah produk fisik dan tidak ada komisi.

 

Anda mendapatkan profit atau keuntungan dari selisih harga jual Anda dengan harga beli dari supplier. Dan keunggulan lainnya Anda tidak perlu nyetok produk dan memikirkan bagaimana pengirimannya. Anda hanya perlu memikirkan bagaimana memasarkan produk tersebut.

 

10. Menulis Buku Indie (Self Publishing)

 

Bagi Anda yang suka menulis, ide bisnis online dengan menulis buku ini juga cukup menjanjikan dan menguntungkan. Anda cukup menulis buku, mencetaknya dan memasarkannya.

 

Untuk mencetak buku indie, Anda bisa melayout sendiri, mengedit sendiri hingga mencetaknya sendiri dengan biaya sendiri. Namun jika Anda tidak ingin repot mengurusi proses produksi, Anda bisa menggunakan layanan self publishing seperti :

 

  • NulisBuku
  • Mizan Store Self Publishing
  • Bitread
  • Leutikaprio
  • dan lain sebagainya.

 

Anda hanya perlu memikiran naskah dan juga pemasarannya saja.

 

11. Publisher Iklan

 

Ide bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan berikutnya adalah dengan menjadi publisher iklan. Cara kerjanya Anda hanya menampilkan iklan baik itu iklan baris atau iklan bergambar di website/blog yang Anda miliki.

 

Jadi syarat utama untuk menjadi publisher iklan Anda harus punya blog atau website terlebih dahulu. Setelah Anda punya datangkan traffic sebanyak-banyaknya ke website/blog Anda. Lalu daftarkan ke platform publishing iklan, seperti :

 

  • Google Adsense
  • Infolinks
  • Chitika
  • Adnow
  • Payclick
  • net
  • RevenueHist
  • dan lain sebagainya.

 

Potensi pendapatan dengan menjadi publisher iklan ini bisa mencapai ratusan juta per bulan. Banyak publisher Indonesia yang sudah membuktikan dengan menjadi publisher iklan ini.

 

Jika Anda ingin memulai bisnis online dengan mengeksekusi ide ini, kami sarankan membangun blog yang berbahasa Inggris. Karena untuk website berbahasa Indonesia, nilai setiap kliknya terlalu kecil jika dibandingkan dengan website yang berbahasa Inggris.

 

12. Sponsored Post

 

Dan ide bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan yang terakhir adalah menjalankan sponsored post. Ini medianya adalah blog atau website. Cara kerjanya adalah Anda menulis artikel yang bertujuan untuk mereview produk/layanan dari orang lain. Biasanya Anda akan mendapatkan dibayar untuk sekali posting untuk satu produk. Semakin banyak review yang Anda tulis di website atau blog, maka akan semakin besar potensi pendapatan Anda.

 

13. Membuka bisnis PPOB

 

PPOB merupakan loket pembayaran berbagai tagihan seperti tagihan PLN, PDAM, Telkom, BPJS dan masih banyak yang lainnya. Bisnis online ini sangat mudah dijalankan dan hanya memerlukan modal yang kecil. Yang diperlukan juga hanya sebuah smartphone, koneksi Internet dan saldo.

 

Saat ini terdapat banyak sekali vendor PPOB yang bisa Anda temukan, namun Anda harus berhati-hati dalam memilih vendor PPOB ini. sebab ada juga yang melakukan penipuan. Namun jangan khawatir, kami berikan rekomendari vendor PPOB terpercaya saat ini, yaitu PPOB Nusantara. PPOB ini memiliki banyak sekali kelebihan seperti pendaftaran gratis, fee besar, fitur lengkap dan masih banyak yang lainnya. Untuk pendaftaran bisa klik disini, Daftar.

 

14. Membangun Channel YouTube

 

Anda menganggap YouTube sekedar sarana hiburan? Pikirkan lagi. Kenyataannya, memulaibangun channel YouTube bisa menjadi ide bisnis online tanpa modal yang sangat menguntungkan.

 

Bahkan, seorang YouTuber bisa mendapatkan uang hingga puluhan juta rupiah per bulan dari channel YouTube miliknya. Bagaimana caranya?

Contoh channel YouTube dengan konten menarik

 

Anda cukup membuat konten bermanfaat dan melakukan monetizing. Sumber penghasilan YouTube bisa dari iklan, afiliasi maupun penjualan produk Anda sendiri. Apa konten yang bisa Anda buat untuk menarik pengunjung? Cukup banyak pilihan, mulai dari gosip artis, tutorial makeup hingga informasi berita dan review produk.

 

Membangun channel YouTube memang membutuhkan proses. Namun, jika pengunjung  Anda bertambah dan subscriber Anda meningkat, jumlah uang yang bisa Anda hasilkan juga cukup menjanjikan.

 

15. Menjadi Podcaster

 

Seperti halnya YouTube, podcasting juga bisa menjadi bisnis online tanpa modal. Bedanya, Podcast fokus pada konten audio. Menjadi podcaster artinya Anda membangun sebuah channel yang menyediakan konten audio on demand yang bisa diakses secara online.

 

Topik konten untuk channel Anda bisa apa saja. Mulai dari bahasan kehidupan anak mudah seperti Muda Cuma Sekali atau tentang sepakbola seperti Retropus. Pilihlah yang memiliki audiens yang besar dan setia agar podcast Anda bisa semakin berkembang. podcasting merupakan salah satu bisnis online yang cukup menjanjikan

 

Untuk membuat podcast, Anda bisa memanfaatkan platform seperti Spotify, Anchor, atau Soundcloud. Namun, untuk tampil unik dan keleluasaan penggunaan, menggunakan website sendiri adalah pilihan terbaik.

 

Anda bisa membangun channel Anda sendiri di website WordPress yang dilengkapi plugin seperti PowerPress Podcasting. Jika sudah memiliki banyak pendengar, mulailah melakukan monetizing untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, afiliasi dan lainnya.

Demikian beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat.

 

 

×