Listrik PLN

Penyedia Listrik di Indonesia

Listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok yang mungkin akan sulit dihilangkan, berbagai aktifitas masyarakat Indonesia saat ini sudah sangat tergantung dengan listrik.
Listrik dapat dihasilkan dari berbagai macam sumber, namun sumber utama untuk rumah ataupun industri berasal dari PLN atau Perusahaan Listrik Negara yang saat ini sudah dalam bentuk Perseroan Terbatas

Profil dan Layanan PT PLN (Persero)

Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurus segala hal berkaitan dengan kelistrikan di Indonesia, mulai dari produksi hingga distribusi dan pengelolaan hampir mencakup seluruh wilayah Indonesia. PLN tidak hanya menyelenggarakan tenaga listrik untuk penggunaan rumah tangga dan fasilitas umum, juga menyediakan listrik bagi industri dalam skala besar. Mengikuti perkembangan zaman, perusahaan yang memiliki logo petir ini telah bertransformasi menjadi PLN Online. Website PLN yang beralamatkan di www.pln.co.id menyediakan berbagai fasilitas online seperti pengecekan listrik, sambungan baru, pasang baru, pengaduan dan lainnya.
PT PLN memiliki visi perusahaan yakni:
“Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan terpercaya dengan Bertumpu pada Potensi Insani“
Sedangkan misi dari PT PLN adalah sebagai berikut:
Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait; berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham; Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat; Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi; Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.
Pada tahun 2015, PT PLN berhasil mendistribusikan 176,4 TWh listrik, menjadikan perusahaan BUMN tersebut sebagai salah satu penghasil listrik terbesar di Asia. Saat ini PT PLN terus mengembangkan dan berinovasi dalam pelayanan kelistrikan untuk kepentingan umum.
Salah satu inovasi dalam sektor kelistrikan yang berhasil dicapai oleh PLN adalah tersedia layanan listrik prabayar yang biasa disebut Listrik Pintar dan juga PLN Online dimana masyarakat bisa membeli kredit listrik secara online dan melakukan pembayaran tagihan listrik online baik pascabayar maupun prabayar.

Sejarah PT PLN

Sejarah perusahaan kelistrikan di Indonesia bermula pada akhir abad ke-19 ketika penduduk kolonial Belanda menciptakan mesin generator penghasil tenaga listrik pertama. Perusahaan energi listrik milik Belanda pada awalnya menghasilkan listrik yang didistribusikan untuk keperluan produksi di pabrik teh dan pabrik gula. Perusahaan penghasil listrik tersebut akhirnya mengembangkan dan mendistribusikan listrik ke sektor publik.
Memasuki era Perang Dunia II, Jepang masuk ke Indonesia dan menggeser kedudukan Belanda. Di tahun 1942 sampai 1945, terjadi peralihan pengelolaan berbagai perusahaan Belanda ke tangan Jepang setelah Belanda menyerah kepada pasukan tentara Jepang di Indonesia.
Jepang mengalami kekalahan telak dari aliansi negara-negara sekutu di Perang Dunia II dan terjadi proses peralihan kekuasaan kembali tepatnya pada bulan Agustus 1945. Para pemuda dan golongan buruh perusahaan Listrik dan Gas memanfaatkan momen peralihan kekuasaan Jepang pada sekutu untuk menjadikan perusahaan pembangkit listrik tersebut milik Pemerintah Republik Indonesia.
Tepat pada tanggal 27 Oktober 1945, Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas yang bekerja di bawah supervisi Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik sebesar 157,5 MW.
Di awal tahun 1961, Perusahaan bernama Jawatan Listrik dan Gas berubah menjadi Badan Pemimpin Umum Perusahaan Listrik Negara (BPU-PLN), sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di sektor industri listrik serta mengelola bidang usaha gas negara dan kokas. Namun keberadaan BPU-PLN tidak bertahan lama. 4 tahun kemudian tepatnya pada tanggal 1 Januari 1965, BPU-PLN secara resmi dibubarkan. Hal ini beriringan dengan peresmian dua perusahaan milik negara yaitu Perusahaan Listrik Negara atau PLN yang bertugas sebagai pengelola tenaga listrik serta distribusinya dan Perusahaan Gas Negara sebagai pengelola energi yang berasal dari gas bumi.
Pada masa awal terbentuknya, PT PLN memiliki kapasitas produksi 300 MW dan terus mengalami perkembangan yang pesat hingga saat ini. Di tahun 1972, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17, status PLN ditetapkan sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara dan sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK) dengan tugas menyediakan listrik bagi kepentingan umum dan negara.

Layanan PLN

Perusahaan Listrik Negara atau PLN menyediakan bermacam-macam layanan untuk memenuhi kebutuhan listrik kepentingan umum. Saat ini, tersedia layanan PLN Online dimana Anda bisa melakukan pengecekan tagihan listrik PLN, pengajuan permohonan pasang baru PLN, dan pengaduan PLN. Berikut ini adalah layanan PLN Online yang bisa kamu manfaatkan:
Pendaftaran PLN Online Layanan Listrik Prabayar
Tidak perlu repot mengajukan permohonan pasang baru PLN prabayar dengan berkunjung ke kantor cabang karena kamu dapat melakukan pendaftaran PLN Online di mana saja. Kunjungi situs web PLN Online untuk informasi lebih lengkap.
Perubahan Daya
Jika kamu membutuhkan kapasitas listrik yang lebih besar untuk kebutuhan rumah tangga atau industri, kamu bisa mengajukan perubahan daya melalui layanan PLN Online.

× Ada kendala ? Jangan Sungkan Hubungi Kami
%d bloggers like this: