Salah satu produk dari Telkom yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat adalah Indihome. Meskipun Telkom mengklaim bahwa layanannya jarang terjadi gangguan. Namun tetap saja bisa terjadi suatu gangguan, mulai dari indikator LOS yang menyala merah, PC tidak tersambung ke internet, dan masih banyak yang lainnya. Oleh sebab itu, pihak Telkom menyediakan layanancall center ganguan Indihome.

 

Nomor Call Center Gangguan Indihome

 

Jika Anda mengalami kendala saat memakai produk Telkom, maka ada baiknya untuk segera melaporkan pada provider. Berapa nomorcall center ganguan Indihome ? Silakan dicatat nomornya yakni PTSN: 147 dan telepon seluler: (kode area) +147. Layanan call center ini berlaku selama 24 jam. Jadi, Anda bisa menelepon kapan saja.

 

Tips Mengatasi Gangguan Indihome

 

Meskipun sudah tersedia Call center ganguan Indihome, ada baiknya Anda untuk mencoba mengatasinya terlebih dahulu secara mandiri. Jika terjadi gangguan, coba periksa dahulu mungkin ada hal sepele yang terjadi. Untuk itu, ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui cara penanganannya.

 

1. Lampu LOS Merah

 

Jika lampu indikator LOS pada perangkat menyala namun warnanya merah. Hal ini disebabkan karena kabel terputus dan modem tidak bisa menerima sinyal dari optik. Beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut adalah kabel optik yang digigit tikus, rusak karena bergesekan dengan benang layangan, atau kabel tertekuk. Apabila hal ini terjadi Anda bisa menghubungi call center untuk segera ditangani tenaga ahli.

 

2. PC yang Tidak Bisa Konek ke Internet

 

Apabila PC yang Anda tidak terhubung ke internet Indihome, mungkin penyebabnya adalah salah dalam memasang port LAN pada modem. Supaya bisa terhubung, maka default yang harus terpasang adalah RJ-45 pada LAN3. Jika Anda telah memasangnya, tetapi tidak juga bisa terhubung. Sila cek lampu indikator LAN3, cek apakah lampunya menyala berwarna hijau atau tidak menyala.

 

Jika lampu LAN3 menyala berwarna hijau, maka kemungkinan terhubung ke internet lebih besar. Anda tinggal men-setting IP dengan cara manual. Caranya adalah sebagai berikut:

 

  • Klik kanan pada ikon jaringan
  • Silahkan pilih network and sharing center
  • Jika sudah, klik local area connection, klik lagi Properties, lalu Internet protocol version 4 atau TCP/IPv4. Lantas, pilih juga use the following IP address, selanjutnya use the following DNS server address.
  • Perhatikan hal ini, pada kolom IP address, Anda masukkan angka 192.168.1.1, lalu di kolom subnet mask, masukkan 255.255.255.0, setelah itu, masukkan juga pada kolom default gateway angka 192.168.1.1, di kolom preferred DNS server, Anda masukkan 8.8.8.8, terakhir, pada Alternate DNS server masukkan angka 8.8.4.4.

 

Apabila lampu LAN3 tidak menyala, maka penyebab yang paling mungkin terjadi adalah kabel LAN sudah rusak. pastikan untuk memakai kabel yang masih utuh serta pastikan juga pemasangannya sudah sesuai.

 

peluang bisnis

 
3. Mengatasi Telepon Indihome yang Tidak Dapat Digunakan

 

Dengan adanya Triple Play, maka terdapat salah satu layanan telepon rumah Indihome. Namun, terkadang terjadi kasus yang mana telepon rumah tidak bisa digunakan. Hal ini mungkin terjadi gangguan pada  Indihome. tetapi, pastikan dulu memeriksa perangkat sebelum menelepon Call center ganguan Indihome.

 

Apabila telepon rumah tidak dapat menerima maupun menghubungi nomor lain (incoming dan outgoing), bisa jadi karena adanya salah pasang kabel RJ-11 di port phone pada modem Anda.

 

Anda juga mesti memerhatikan lampu indikator Phone 1 maupun Phone 2. Pasanglah RJ-11 di port phone 2 apabila lampu indikator menyala pada phone 2. Apabila masih juga ada gangguan, maka bisa jadi karena pesawat telepon Indihome rusak.

 
4. Lampu Indikator Menyala Tetapi jaringan tidak stabil

 

Apabila Anda mendapati lampu indikator menyala tetapi jaringan tidak satbil, periksa terlebih dahulu ada berapa user yang menggunakan Indihome di tempat Anda. Mungkin saja, terlalu banyak user atau ada juga pengguna anonim. Bisa jadi juga karena ada gangguan masal.

 

Apabila hal ini terjadi, solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengubah password WiFi, lalu cek juga kecepatan pada speedtest.net. Pastikan bandwith telah sesuai dengan paket yang Anda pilih.

 

Jika kecepatannya tidak sesuai dengan pilihan paket, sila hubungi Call center ganguan Indihome di nomor yang sudah tertera di atas.

 

5. Hal yang Mesti Dilakukan Jika Internet Tidak Menjangkau Seluruh Ruangan

 

Penting untuk Anda ketahui bahwa modem Indihome hanya mampu menjangkau radius 20 meter saja. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis penghalang yang ada di ruangan. Tembok atau beton jelas akan mengurangi kemampuan modem dalam menjangkau radius maksimalnya.

 

Apabila ruangan yang ditempati cukup luas, maka Anda bisa menambahkan sebuah perangkat yakni akses point. Jika tidak juga berhasil, menghubungi Call center ganguan Indihome adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

 

Bagaimana Cara Melaporkan Gangguan Indihome?

 

Apabila berbagai masalah yang terjadi pada modem semakin buruk atau tidak bisa ditangani oleh Anda sendiri, maka bisa langsung melakukan cara berikut ini.

 

1. Melaporkan Gangguan Melalui Twitter

 

Saat ini Anda bisa melaporkan gangguan Indihome melalui Twitter.  Anda harus mempersiapkan pertama adalah nomor Indihome. Lalu, buka akun twitter Anda,  pastikan sudah follow akun @telkomcare.

 

Setelah itu, kirim DM atau bisa juga mention ke akun @telkomcare tersebut dan menginformasikan bahwa nomor indihome mengalami gangguan. Sebutkan kronologinya secara terperinci. Setelah itu, Anda tinggal menunggu balasan dari akun @telkomcare. Anda perlu mengonfirmasi kondisi Indihome apabila sudah normal atau masih bermasalah. Jika belum, maka kembalilah melakukan pengaduan.

 

2. Melaporkan Gangguan Indihome Melalui Facebook

 

Kedua, Anda bisa melaporkan gangguan Indihome melalui Facebook. Caranya dengan mempersiapkan nomor Indihome, lalu kirimkan pesan ke akun TelkomCare di Facebook. Jangan lupa menuliskan nomor Indihome dan keluhan yang dialami. Tunggu saja CS Indihome memandu penyelesaian masalah. Apabila membutuhkan tindakan lanjutan, Anda akan mendapat juga nomor pengaduan.

 

3. Melaporkan Ke Nomor Call Center Gangguan Indihome

 

Cara selanjutnya adalah menelepon Call Center Indihome. Seperti cara sebelumnya, Anda harus mempersiapkan nomor Indihome. Lalu, sila menelepon 157 dengan telepon Indihome rumah maupun HP. Untuk menelepon menggunakan ponsel, wajib menyertakan kode area dan ikuti prosedur yang diberikan oleh customer service.

 

Informasikan padanya tentang gangguan yang Anda alami. Jika sudah, maka customer service akan melaporkan keluhan pada pihak yang terkait serta memberikan nomor pengaduan. Jika sudah, tunggu saja beberapa saat. Apabila belum juga normal, Anda bisa menghubungi nomor call center lagi.

 

Nah, pastikan masalah yang Anda alami pada Indihome di rumah diperiksa secara mandiri terlebih dahulu. Bisa jadi penyebab gangguannya adalah hal yang tidak perlu tindak lanjut dari pihak telkom. Jika memang sudah di periksa dan masih terjadi gangguan, silakan hubungi Call Center Indihome.

 

demikian tips cepat mengatasi gangguan pada Indihome. jika Anda memiliki tagihan indihome bisa dibayarkan pada loket PPOB Nusantara terdekat. atau bisa juga Anda menjadi loket PPOB Nusantara sendiri dan hasilkan uang dari rumah.

Download Aplikasi PPOB Nusantara

×