Persaingan dalam dunia bisnis semakin hari semakin ketat, hal tersebut tentunya akan membuat para pelaku bisnis harus terus memutar otak. Salah satu bisnis yang saat ini semakin ketat dalam persaingannya adalah bisnis konter pulsa.

 

Perkembangan teknologi yang ada saat ini semakin pesat membuat hampir semua orang dari berbagai kalangan menggunakan smartphone. Tentu saja, smartphone ini perlu tersambung dengan sinyal internet yang biasanya menggunakan paket data yang diisi dengan pulsa.

 

Dengan adanya fenomena tersebut, tak mengherankan jika konter pulsa kini mulai menjamur. Prospek bisnis yang cukup bagus untuk kedepannya itu memang saat ini banyak dipilih. Akan tetapi, jika Anda ingin membuat bisnis konter pulsa namun tidak didasari dengan hal apapun akan sangat sulit

 

Nah, bagi Anda yang ingin membuka sebuah bisnis konter pulsa, berikut kami berikan beberapa tips yang bisa dicoba :

 

1. Mulai dengan Jualan Pulsa Terlebih Dahulu

 

untuk langkah awal, mulailah dengan berjualan pulsa sebelum Anda membuka sebuah konter yang lebih besar. Sembari berjualan pulsa, Anda juga bisa melakukan perencanaan usaha untuk mematangkan langkah Anda selanjutnya.

 

Berjualan pulsa juga tidak membutuhkan modal besar. Yang Anda butuhkan hanyalah HP dan saldo pulsa saja. Selain itu, hal ini juga untuk mencari pelanggan tetap sebelum Anda membuat sebuah konter.

 

2. Pilihlah Vendor yang Terpercaya

 

Untuk mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan, Anda juga harus mencari Vendor pulsa yang terpercaya dan berkualitas. Nah, hindari agen pulsa yang menawarkan harga murah namun sering terjadi gangguan. Jangan sampai Anda membuat pelanggan Anda kecewa. Untuk melihat vendor pulsa  yang paling bagus saat ini bisa klik disini.

 

3. Menetapkan Harga Jual Pulsa

 

Tetapkan berapa besar harga pulsa yang Anda jual. Pastikan bahwa Anda menjual pulsa sesuai dengan harga yang ada di pasaran saat ini. Kalau tidak, harga pulsa juga bisa ditetapkan dari harga kulakan dan hitung berapa besar keuntungan yang akan diambil.

 

baca juga : cara mudah mendaftar agen PPOB

 

4. Hindari Bon

 

Tidak sedikit penjual pulsa yang meremehkan hal satu ini. Padahal, jika dibiarkan terus menerus malah akan membuat bisnis pulsa yang Anda lakukan menjadi gulung tikar. Rasa tidak enak kepada teman, saudara atau tetangga yang akan berhutang pulsa justru malah membuat usaha bisnis Anda semakin berat untuk dijalani terlebih jika modal yang Anda gunakan tidak terlalu besar.

 

5. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

 

Nah, jika bisnis pulsa Anda sudah berjalan lancar dan memiliki pelanggan tetap, maka Anda bisa membangun sebuah konter pulsa. Pilihlah tempat yang strategis dan kiranya akan dilalui oleh banyak orang. Seperti dekat dengan pasar, perkantoran, sekolah, di perempatan jalan yang ramai dan lain sebagainya.

 

peluang bisnis anti corona

 

 

6. Beli Peralatan untuk Jualan

 

Jika Anda sudah memiliki tempat sendiri yang strategis, maka Anda bisa membangun konter di atasnya. Namun, jika Anda belum memilikinya, maka Anda bisa menyewa tempat dengan ukuran 2×2 atau 3×3 meter.

 

Setelah itu, jangan lupa beli juga peralatan untuk konter seperti etalase, rak untuk aksesoris, banner, handphone bekas, meja, kursi dan lain sebagainya.

 

7. Jual Kartu Perdana, Voucher Internet dan PPOB

 

Saat Anda sudah membangun sebuah konter pulsa, jangan hanya menjual pulsa saja. Namun, jual juga kartu perdana dan juga voucher internet. Apalagi saat ini kebutuhan akan voucher internet semakin tinggi. Selain itu untuk meningkatkan omset konter pulsa, Anda juga bisa membuka pembayaran tagihan PPOB. Tagihan PPOB ini seperti PLN, PDAM, Indihome, BPJS dan masih banyak yang lainnya. Selain itu PPOB ini juga dapat digunakan transaksi Gopay, Dana, OVO, voucher game, token listrik dan masih banyak yang lainnya. Salah satu Vendor PPOB terbik saat ini adalah PPOB Nusantara, pendaftaran gratis, fitur lengkap, transaksi cepat dan ada customer support yang siap membantu Anda. Untuk pendaftaran bisa klik disini, Daftar.

 

8. Lengkapilah dengan Menggunakan Aksesoris Handphone

 

Agar semakin lengkap, Anda bisa melengkapinya dengan menjual berbagai macam aksesoris handphone. Belilah aksesoris handphone tersebut di grosiran agar mendapatkan harga yang lebih murah.

 

Namun, jika Anda masih memiliki modal yang minim, jangan terburu-buru untuk menjual barang-barang tersebut. Kumpulkan modal terlebih dahulu, baru kemudian Anda bisa membeli aksesoris handphone dan dijual kembali.

 

9. Menganalisa Modal Usaha

 

Nah, agar modal yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak, Anda bisa menganalisanya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui seberapa besar modal yang akan dikeluarkan dan membeli barang yang kiranya dibutuhkan saja.

 

10. Mempromosikan Konter Pulsa

 

Kini, untuk mempromosikan usaha yang Anda jalankan tersebut tidak hanya lewat mulut ke mulut. Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan usaha konter pulsa yang kini sedang dijalani.

 

Jangan lupa juga untuk menyertakan promo agar bisa menarik para pelanggan. Untuk promo ini, Anda bisa memberikannya dalam jangka waktu yang berkala, seperti sebulan sekali atau pada hari-hari tertentu saja.

 

11. Beri Pelayanan yang Ramah

 

Pelanggan akan semakin puas jika Anda memberikan pelayanan yang memuaskan untuk mereka. Pastikan juga bahwa Anda juga bisa memenuhi apa yang mereka inginkan.

 

Membangun usaha konter pulsa di tengah banyaknya konter yang ada saat ini memang bukanlah sebuah hal yang mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah strategi yang baik dan rencana yang matang sebelum Anda memulai sebuah usaha konter pulsa.

 

Semoga 11 tips membangun usaha konter pulsa di atas dapat membantu Anda untuk bisa sukses di bisnis tersebut. Selamat mencoba.

×