Listrik  saat ini sudah menjadi salah satu  kebutuhan  pokok  manusia,  hal  tersebut  dapat  terlihat   dari   gaya   hidup   manusia   yang   selalu   bergantung   kepada   listrik.   Contohnya saat udara menjadi panas, biasanya Anda akan menyalakan AC atau kipas angin untuk mendinginkan ruangan. Peralatan  rumah  tangga  ataupun  peralatan kantor saat ini telah  dibuat  secara  modern  dan  untuk  mengoprerasikannya  harus  menggunakan energi  listrik.  Sekarang listrik dibagi menjadi dua, ada listrik prabayar dan listrik pascabayar. Apa sih perbedaan dari listrik prabayar dan listrik pascabayar, kemudian apa saja keuntungan dari masing-masing listrik tersebut? nah untuk menjawab hal tersebut akan kami jelaskan dibawah ini.

 

Apakah Anda dirumah masih menggunakan listrik pascabayar, atau sudah beralih menggunakan listrik prabayar?. Saat ini sudah ada sebagian masyarakat yang beralih menggunakan listrik prabayar dimana sebelumnya mereka menggunakan listrik pascabayar. Selain itu, Masyarakat yang tetap bertahan menggunakan listrik pascabayar juga masih banyak. Masyarakat yang tetap menggunakan listrik pascabayar ini memiliki alasan yang beragam, mulai dari keberatan untuk mengeluarkan biaya penggantian meteran, ada juga yang kebingungan dengan sistem prabayar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggalakkan sistem pembayaran listrik prabayar. Dengan menggunakan listrik Prabayar ini diharapkan dapat membantu masyarakat menghemat pengeluaran. Sebelum adanya sistem prabayar, rumah-rumah masyarakat di Indonesia menerapkan sistem pascabayar. Dengan sistem pascabayar ini pemilik rumah akan menerima tagihan listrik pada akhir bulan sesuai besarnya energi yang dipakai. Namun jika masyarakat menggunakan sistem prabayar, pemilik rumah dapat mengetahui kapan harus mengisi token listrik dan mengatur sendiri kebutuhannya.

 

Namun, apakah Anda sudah tahu apa perbedaan listrik prabayar dan listrik pascabayar? Biar lebih jelas berikut kami jelaskan perbedaan kedua listrik tersebut:

 

Pengertian Listrik Prabayar

 

Listrik prabayar adalah listrik yang pembayarannya dengan system pulsa atau token listrik. Listrik prabayar ini juga sering disebut sebagai listrik pintar sebab pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik sendiri. Untuk meteran listrik prabayar sudah tidak lagi berbentuk digital dan terdapat tombol yang dapat Anda gunakan untuk memasukan token listrik. dengan listrik prabayar ini, Anda tidak perlu khawatir lagi akan denda yang diberikan saat terlambat membayar tagihan.

 

Anda tidak perlu khawatir dengan harga token listrik ini, sebab harga harga token listrik prabayar ini bervariasi dan Anda bisa menyesuaikan dengan kamampuan dan kebutuhan Anda. kemudian, Anda tidak perlu khawatir apabila terjadi kenaikan Tarif Daya Listrik pada listrik prabayar, sebab hal ini tidak akan berpengaruh pada kWh yang telah masuk ke meter listrik prabayar anda.

 

Kelebihan Listrik Prabayar

 

Menurut info yang beredar listrik prabayar ini dianggap lebih murah dan lebih irit dibandingkan listrik pascabayar. soalnya dengan penggunaan sistem listrik prabayar ini konsumen dapat mengontrol sendiri penggunaan listrik yang digunakan. Anda juga tidak perlu lagi membayar denda jika telat bayar tagihan sebab anda harus membeli token listrik sendiri.

 

Jika Anda merasa kurang percaya dengan sistem pencatatan listrik maka penggunaan token adalah solusinya. Mengapa? Karena untuk mengisi pulsa listrik menggunakan token maka hanya kalian sebagai konsumen yang paham kondisi kuota listrik yang dimiliki

 

Mudah dan aman itu sudah pasti. Saat ini sudah banyak tersedia konter penjualan token listrik yang bisa ditemukan dimanamana atau bisa juga membelinya di agen PPOB. Selain itu, nomor token yang Anda beli hanya dapat digunakan di mesin meteran yang anda miliki sebab sudah terintegrasi dengan nomor meter yang terdaftar.

 

Penggunaan listrik prabayar juga memberikan keamanan bagi para konsumen karena jika instalasi kabel bermasalah maka akan muncul notifikasi atau peringatan pada mesin kWh meter, sehingga Anda dapat langsung menangani hal tersebut.

 

Kekurangan Listrik Prabayar

 

Jika meteran kWh akan berbunyi nyaring itu menandakan token listrik mau habis dan Anda harus mengisinya. Kendalanya muncul saat kehabisan token pada malam hari dan konten-konter sudah tutup. Itulah salah satu kekurangan listrik prabayar.

Kekurangan lainnya dari listrik prabayar adalah terkadang mesin meteran listrik prabayar mengalami masalah seperti saat memasukkan token tetapi tidak bertambah, padahal nomor token yang dimasukkan sudah benar

 

 

Pengertian Listrik Pascabayar

 

Listrik pascabayar adalah listrik yang pembayaran tagihannya pada akhir bulan sesuai dengan energi yang digunakan. Meteran listrik pascabayar masih berbentuk analog yang akan menunjukkan besarnya daya yang telah digunakan. Pembayaran listrik pascabayar dapat dilakukan melalui bank, loket pembayaran PPOB dengan biaya admin yang dibebankan sebagai biaya jasa pembayaran tagihan listrik.

 

Kelebihan listrik pascabayar

 

Kelebihan listrik pascabayar yang pertama adalah anda tidak perlu sering-sering mengisi token listrik, apalagi pada malam hari. Dengan adanya petugas meteran yang mencatat nomor meteran dapat juga membantu anda saat meteran listrik tidak normal dan bisa langsung diperbaiki. Itulah beberapa kelebihan listrik pascabayar.

 

Kekurangan listrik pascabayar

 

Kekurangan listrik pascabayar adalah apabila Anda lupa membayar tagihan bulanan maka akan terkena denda. Pelanggan akan dibebankan biaya admin dan pajak walaupun listrik dirumah anda tidak digunakan atau tidak ada peralatan elektronik yang tertancap colokan. Itu dari beberapa kekurangan listrik pascabayar.

 

Itulah perbedaan listrik prabayar dan listrik pascabayar yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya. Selain mempelajari perbedaan listrik prabayar dan listrik pascabayar, Anda juga bisa menjalankan bisnis dari penggunaan listrik lho. Bagaimana caranya? Anda bisa menjadi agen PPOB dan menghasilkan rupiah dari rumah. Dengan menjadi agen PPOB anda bisa menlakukan transaksi pembayaran listrik PLN baik listrik prabayar maupun listrik pascabayar, selain itu juga dapat digunakan untuk transaksi Pulsa, paket data, e-money, pembayaran PDAM, BPJS, tiket pesawat, tiket KAI dan masih banyak yang lainnya. Untuk saat ini salah satu PPOB terbaik adalah PPOB Nusantara. Yuk tunggu apalagi daftarkan diri anda sekarang.

Download Aplikasi PPOB Nusantara

×