Usaha yang banyak digunakan oleh masyarakat dengan modal yang tidak begitu besar yaitu toko kelontongan. Toko kelontongan adalah salah satu usaha  rumahan yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, dan toko kelontongan ini banyak diminati para ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktunya dirumah saja. Bahkan sebagian orang juga menjadikan toko kelontong ini sebagai usaha cadangan, hanya sekedar mengisi waktu luang tapi dinilai cukup menguntungkan. Ditambah dengan modal yang dikeluarkannya tergolong sangat kecil.

Nah, agar toko kelontongan Anda ini beda dari yang lain, Anda bisa menambahkan bisnis online di toko kelontongan Anda. Sehingga Anda bisa menambah omset dari toko kelontong yang anda jalani ini. Anda bisa mengubah toko kelontongan yang biasa menjadi modern hanya dengan menambah aplikasi bisnis yang menguntungkan saja.

Sedikit cerita saja, PPOB adalah aplikasi online yang merupakan sistem pembayaran dengan aplikasi dan memanfaatkan sistem perbankan. Alasan saya menawarkan PPOB Nusantara adalah perusahaan ini sudah terpercaya, dan sudah ribuan orang yang bergabung dan membuktikan kesuksesannya. Pendaftarannya pun mudah dan tanpa ribet. Untuk lebih detailnya Anda bisa mengunjungi website www.ppobnusantara.com

Lalu bagaimana agar toko kelontongan anda yang modern ini bisa menarik dan menjadi pusat banyak orang? Bagaimana caranya untuk mendapatkan untung yang besar dari toko kelontongan Anda ini? Nah sebelum anda mengetahui tipsnya, saya akan membagikan sedikit info kira-kira hal apa saja yang menjadi daya tarik dari toko kelontong itu.

Daya Tarik Toko Kelontong

  • Lokasi strategis, pinggir jalan raya atau lingkungan padat penduduk
  • Menyediakan barang buat grosir dan eceran
  • Memberikan pelayanan yang ramah dan baik
  • Tempatnya yang nyaman, bisa digunakan untuk hanya sekedar duduk dan ngobrol
  • Sesekali beri diskon atau promo, agar menarik banyak konsumen.

Nah itu saja yang dapat menciptakan daya tarik konsumen, setelah itu point – point diatas tersebut Anda bisa kembangkan lagi, untuk dijadikan sebuah tips agar toko kelontongan anda bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah.

Tips Mendapatkan Keuntungan dari Toko Kelontong Modern

 

  1. Selalu Update Stock

 

Agar omset anda bisa bisa berkembang dan cukup menjanjikan keuntungan yaitu dengan cara mengupdte stok terbaru, carilah produk yang sekirakanya sedang trend dikalangan masyarakat, jangan sampai ketinggalan info. Tapi yang terpenting anda juga jangan melewatkan barang pokok yang banyak dibutuhkan.

 

  1. Lokasi Strategis

 

Sebelum anda memilih lokasi dan menentukan lokasi untuk membuka toko, pastikan lokasi tersebut benar – benar strategis mudah dilihat dan kondisi sekitarnya ramai penduduk. Apabila anda memiliki lokasi rumah dipinggir jalan, anda bisa memanfaatkan itu, anda bisa menata full toko didepan, atau bisa juga sampingan.

Pastikan anda memisahkan toko dengan ruangan yang lainnya. Karena jika tidak dipisahkan, walaupun Anda sudah menata rapi, kemungkinan juga barang – barang dagangannya akan memberantakin ruangan lain. Karena toko kelontong sangat identik dengan barang yang berantakan.

 

  1. Percantik Toko

 

Tatalah toko kelontongan Anda serapi mungkin, produk-produk yang sejenis bisa disatu tempatkan dengan jenisnya masing-masing. Hal ini akan membantu Anda agar tidak kebingungan ketika mencari sebuah barang. meskipun yang dijual sembako, bukan berarti Anda dapat menyusunnya asal-asalan, jika toko kelontongan Anda kotor dan berantakan, maka pelanggan akan merasa risih lalu minat pembeliannya akan menjadi kurang.

Rajin-rajinlah membersihkan rak – rak tempat memajang produk, apalagi jika lokasinya dipinggir jalan, akan rawan debu. Periksa setiap barang dan lihat tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai Anda ceroboh memberikan barang yang sudah kadaluarsa.

 

  1. Pilihlah Supplier Murah

 

Sebelum Anda belanja untuk stok jualan, pastikan Anda memilih dan menemukan supplier grosiran yang murah, agar Anda bisa menjual barang dan harga yang bersaing. Ketika Anda telah berhasil mendapatkan harga yang murah, maka Anda dapat mengadakan promo untuk produk tertentu. Gunanya untuk menarik minat beli konsumen.

 

  1. Pelayanan yang Baik

 

Poin terpenting ketika Anda sedang menjalankan bisnis, berikanlah pelayanan yang baik kepada pelanggan agar bisnis Anda bisa tetap berjalan dengan baik.

Karena pelanggan adalah raja, berikan pelayanan se optimal mungkin, apabila Anda melakukan pelanggan dengan ramah, tentunya pelanggan akan merasa nyaman dan besar kemungkinan untuk kembali lagi berbelanja di toko Anda.

 

  1. Gunakan Layanan Online

 

Perkembangan teknologi yang dari waktu ke waktu semakin canggih ini, Anda harus bia memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan dan tidak ketinggalan teknologi. Anda dapat menggunakan media sosial Anda untuk berjualan, bahkan Anda juga bisa menjual produk Anda lewat Aplikasi bisnis. Agar dapat memudahkan konsumen ketika berbelanja.

 

  1. Sediakan Barang Menarik

 

Walaupun jenis usaha Anda toko kelontong, bukan berarti Anda hanya akan menjual bahan baku sembako saja. Tidak ada salahnya untuk Anda menambahkan beberapa barang yang lagi trend dan dapat menarik. Contohnya Anda bisa menambahkan mainan, atau permainan anak – anak seperti odong – odong. Agar ketika ibunya sedang berbelanja, anaknya bisa tetap anteng menikmati permainan.

 

Selain menyediakan permainan untuk anak, Anda juga bisa menjadikan toko kelontong Anda yag modern ini menjadi lebih lengkap, Anda bisa menjual barang – barang yang menjadi kebutuhan sekunder. Anda dapat menambahkan beberapa barang lainnya seperti, kebutuhan sekolah, alat tulis, perabotan rumah tangga,pupuk, dan lain sebagainya.

 

  1. Promosi

 

Walaupun jenis usaha Anda toko kelontong, Anda jangan sampai ketinggalan poin ini, promosi. Jika toko Anda berada didalam perumahan, Anda bisa membuat banner supaya memudahkan orang lain, dan orang lain bisa mengunjungi toko Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan gadget Anda sebagai media untuk promosi, dengan mempromosikan lewat sosial media maka toko usaha anda akan cepat dikenali orang dan memiliki jangkauan yang semakin  luas.

 

  1. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

 

Kesalahan yang sering terjadi seorang pebisnis adalah tidak pernah membuat pembukuan, mereka selalu menganggap bahwa pembukuan itu tidak penting. Meskipun mendirikan toko kelontong hanya sekedar pekerjaan sampingan dan untuk mengisi waktu luang, tetapi ketika pembukuan tidak dibuat, hal itu akan berakibat fatal.

Jika anda  menyepelekan pembukuan, perputaran antara modal dan penjualan barang itu tidak bisa hanya sekedar dilihat dan dicek saja. Akan tetapi jika dilakukan pembukuan, jumlah barang, jumlah penjuaan, jumlah modal, jumlah pembiayaan dan jumlah keuntungan akan terlihat jelas dan lebih  mudah juga dalam proses pengecekkan. Pengelolaan toko juga akan lebih jelas.

Jika anda membeli atau menambah aset seperti rak, komputer dan lain lain. Jangan lupa masukin ke pembukuan pengeluaran, dengan demikian toko kelontongan Anda ini keuangannya akan teratur. Anda juga dapat melihat perkembangan apa aja yang terjadi dari bulan ke bulan, dan anda bisa memperbaikinya.

Demikian tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapat keuntungan hingga jutaan rupiah dari toko kelontong yang menggaet bisnis online PPOB Nusantara ini. Dengan memanfaatkan bisnis online yang menguntungkan ini, akan menjadikan toko kelontong yang bekerjasama dengan bisnis online PPOB Nusantara ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi keuntungan dan kenaikan omset hingga jutaan rupiah setiap bulannya!

 

×