Liburan Aman Naik Pesawat di Masa Pandemi

by Nov 25, 2020Tips

Pandemi mengubah begitu banyak rutinitas termasuk liburan. Banyak yang menantikan liburan kembali, lebih – lebih sebentar lagi libur panjang akhir tahun 2020. Walaupun masih dalam masa pandemi covid-19, kemungkinan ada beberapa yang sudah mulai merencanakan liburan mengingat beberapa tempat wisata sudah di buka dengan protokol kesehatan.

Salah satu transportasi yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan transportasi udara atau pesawat. Ketika di dalam pesawat, maka anda akan masuk ke dalam ruang tertutup dengan pendingin udara yang maksimal sehingga resiko tertular covid-19 menjadi cukup besar.

Namun, jangan cemas ada beberapa tips yang harus di lakukan sehingga perjalanan anda naik pesawat lebih aman dan tidak tertular virus corona.

Menggunakan Masker Terbaik
Masker kain mungkin bagus untuk pergi berbelanja di toko, mall atau tempat lain, namun ketika anda duduk ditempat dalam jangka waktu yang relatif lebih lama, di ruang tertutup, dan lebih banyak orang di dekat kita, maka ini saatnya anda menggunakan masker yang terbaik.

Jenis masker N95, N99 dan masker bedah merupakan masker yang lebih efektif untuk memblokir virus daripada masker kain. Sebagian besar maskapai juga telah melarang masker dengan ventilasi. Lebih baik lagi bila dilengkapi dengan pelindung wajah atau mata untuk mencegah tetesan jatuh ke mata.

Rencanakan perjalanan menuju bandara
Perjalanan anda menuju bandarapun perlu ada pikirkan sedikit lebih ketat di masa pandemi ini. Kalau dulu mungkin sebelum pandemi, anda menggunakan transportasi umum untuk lebih menghemat namun saat ini anda juga harus mempertimbangkan jarak sosial dan keamanan.
Apabila anda menggunakan jasa transportasi online, jangan lupa untuk membawa desinfektan kalau diperlukan,untuk semprot jok penumpang, kemudian sering cuci tangan dengan handsanitizer sebelum masuk dan keluar dari kendaraan, serta yang juga tak kalah penting adalah buka jendela kendaraan agar ada sirkulasi udara yang keluar dan masuk.
Jangan lupa membawa handsanitizer, tissue Basah, desinfektan dan tempat makanan minuman sendiri

Sering mencuci tangan
Sudah hampir 1 tahun masa pandemi ini, anjuran untuk melakukan cuci tangan baik menggunakan sabun ataupun handsanitizer selalu di gaungkan sehingga seharusnya sudah menjadi kebiasaan sekarang tanpa harus diingatkan lagi. Cuci tangan sesering mungkin baik sebelum, selama di dalam pesawat terbang, dan setelah turun dari dalam pesawat. Saat ini aturan penerbangan, mengijinkan penumpang membawa cairan cuci tangan 325 ml (seperti yang dilansir oleh detiktravel) untuk satu penumpang di dalam kabin, sehingga cukup selama dalam penerbangan. Namun bukan berarti anda tidak diperkenankan untuk membawanya di dalam bagasi ya.
Makan sebelum terbang
Biasanya saat terbang, beberapa dari anda bisa sambil makan atau minum dan di masa pandemi ini mungkin anda juga diijinkan untuk melakukan hal yang sama, namun ketika anda melepas masker membuat diri anda atau orang lain lebih beresiko. Cobalah untuk makan dan minum sebelum anda terbang sehingga selama penerbangan masker anda tetap anda gunakan.
Dianjurkan juga untuk membawa makanan dan minuman dari rumah karena bisa jadi di dalam bandara cafe atau resto tutup untuk sementara selama masa pandemi ini.
Pilih maskapai dan waktu penerbangan dengan bijak
Ada beberapa maskapai masih membuka 100% seat yang tersedia, namun juga ada maskapai yang menerapkan kebijakan untuk memberikan jarak antar penumpang. Oleh karena itu, anda perlu melakukan pengecekan ke maskapai .

Pilih juga waktu penerbangan yang tidak terlalu sibuk, misalnya di pagi sekali atau larut malam, dan perhatikan diagram dari tempat duduk pesawat apakah akan penuh atau tidak, pihak maskapai akan memberikan kesempatan kepada anda untuk melakukan reschedule tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan untuk anda dan orang lain.

Bersihkan Kursi
Kursi , sandaran kursi baik depan ataupun yang dipakai untuk duduk, meja baki dan gesper dengan cairan desinfektan juga memungkinkan di bawa ke kabin, namun juga tidak memungkinkan di bawa ke kabin, jangan lupa untuk menyediakan/membawa tissue basah.
Naik dan Turun Terakhir
Untuk menghindari bergerombol dan berkerumun di koridor pesawat , naik dan turun dari pesawat di usahakan yang terakhir sehingga jarak dengan penumpang lain bisa di jaga dengan baik.

Demikian beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan liburan di akhir tahun 2020. Jangan lupa membawa handsanitizer, menggunakan masker , sering mencuci tangan di air mengalir serta sabun, dan jaga data tahan tubuh dengan berolahraga, minum suplemen serta vitamin.
#sehatselalu

×