KWh meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur daya listrik yang digunakan dalam rumah maupun bangunan. Saat ini KWh meter yang sering digunakan oleh PLN adalah KWh meter berbentuk analog dan digital. Mungkin Anda penasaran bagaimana cara kerja analog digital, berikut kami jelaskan bagaimana KWH meter bekerja.

 

KWh Meter Analog

 

Prinsip KWH meter analog adalah bekerja menggunakan metode induksi medan magnet dimana medan magnet tersebut menggerakkan piringan yang terbuat dari aluminium. Kemudian putaran piringan tersebut akan menggerakkan counter digit dan menampilkan jumlah KWHnya. KWh meter analog terdiri dari beberapa komponen utama yakni alat penyetel, kumparan tegangan, magnet pemanen, piringan, terminal, dan beberapa komponen elktronika kecil

 

KWh Meter Digital

 

KWH meter digital merupakan suatu alat pengukuran yang memiliki fungsi mengukur jumlah pemakaian daya. Kwh meteran Digital ini bekerja berdasarkan program yang dirancang pada mikroprosesor yang terdapat di dalammnya. KWH meter digital pulsa prabayar merupakan pengembangan dari jenis KWH meter Analog yang membedakan adalah menggunakan progarm pulsa prabayar.

 

Pada KWh meter digital, Anda akan menemukan label informasi daya listrik Anda, indikator LED, indikator kontraktor, segel metrology, LCD untuk pengisian token, serta keypad karet yang bisa Anda gunakan setiap kali ingin memasukkan token pulsa listrik prabayar ini.

 

Kesimpulannya adalah baik meteran listrik digital maupun analog, keduanya memiliki prinsip input yang sama. Hanya saja pada meteran listrik digital perlu mengonversi sinyal analog tersebut menjadi digital untuk kemudian ditampilkan di layar.

 

Namun meski secara prinsip kerja mereka sama, terdapat perbedaan prinsip penggunaan yang cukup mencolok. Apabila Anda dirumh menggunakan meteran analog, berarti Anda menggunakan listrik pascabayar. Namun jika menggunakan meteran digital berarti listrik prabayar.

 

Hal ini disebabkan karena penggunaan meteran analog tidak memberikan keleluasaan bagi PLN untuk mengendalikan listrik di rumah Anda. Meteran ini murni berfungsi untuk mencatat penggunaan daya listrik di rumah Anda.

 

Sementara pada penggunaan meteran listrik digital, Anda diharuskan untuk membeli “pulsa” untuk ditabung sebagai daya listrik. Karena sifatnya digital, secara sederhana bisa dikatakan bahwa meteran listrik ini lebih pintar.

 

Dengan sistem yang lebih pintar inilah kemudian meteran listrik digital ini mampu mendeteksi “tabungan” pulsa Anda, dan secara serta merta memutus arus listrik apabila tabungan pulsa Anda sudah habis dipakai seluruhnya.

 

peluang bisnis anti corona

 

Kelebihan KWH listrik prabayar

 

Dibanding dengan KWh meter pasca bayar, sudah pasti jelas KWh meter prabayar lebih banyak keunggulannya. Tampilan luar yang ada tombol -tombolnya itu menandakan bahwa KWh meter prabayar ini punya banyak fungsi seputar pemakaian listrik dirumah.

 

  • Nol Biaya Beban

 

Biaya beban ini hanya ada pada pelanggan listrik pasca bayar, yang setiap bulan pelanggan ini punya kewajiban minimum yang harus mereka bayar selain listrik yang sudah mereka pakai.Pada pelanggan listrik prabayar hanya terbebani membeli vocer listrik saja ketika KWh sudah menipis untuk menambah KWh.

 

  • Bisa Cek Tegangan Listrik Sendiri

 

Tanpa bantuan petugas PLN kita bisa mengontrol jumlah tegangan listrik pada rumah kita dengan hanya melalui KWh meter prabayar. Standart tegangan listrik yang baik adalah 220 V, dan memiliki toleransi 10%. Caranya dengan menekan tombol 41 atau 04 kemudian tekan Enter. Jika hasil yang tertulis dilayar meter tidak sesuai dari tegangan yang semestinya yaitu 220 V maka menandakan ada troble pada arus voltase pada listrik dirumah, dan segeralah call PLN terdekat atau call 123

 

  • Bisa Cek Arus Listrik Peralatan listrik yang kita Pakai

 

Arus listrik peralatan listrik yang kita pakai bisa kita cek besarannya dengan hanya menekan tombol di KWh meter prabayar. Besaran arus listrik satuan Ampere. Bila ingin mengecek besar arus listrik pada televisi kita, maka matikan semua peralatan listrik dirumah kecuali televisi yang akan dicek besar arus listriknya, kemudian tekan tombol 44 atau 05 kemudian Enter, lalu akan muncul besaran arus listrik televisi pada layar KWh meter prabayar dengan satuan Ampere.

 

  • Bisa mendeteksi Konsleting sendiri

 

Jika terjadi masalah pada instalasi listrik dirumah kita dengan otomatis KWh meter prabayar ini akan merespon dengan munculnya tanda telapak tangan dilayar meteran dan lampu indikator berwarna kuning dan dilayar muncul tulisan SALAH, segeralah menghubungi PLN terdekat atau CALL 123 untuk memperbaiki instalasi listrik dirumah anda.

 

  • Bisa cek sisa pulsa listrik

 

Sebagaimana alat komunikasi yang kita gunakan yaitu HP, KWh meter prabayar juga bisa mengecek berapa jumlah sisa pulsa listrik yang masih bisa kita gunakan. Caranya dengan menekan tombol 07 atau 37 lalu Enter. Sisa pulsa akan tampil dilayar dengan satuan KWh meter.

 

  • Mengatur Alarm jika KWh sudah menipis

 

Pada batas minimum KWh yang kita inginkan kita bisa mengatur alarm supaya mnjadi peringatan bagi kita untuk menambah atau melakukan isi ulang pulsa listrik dirumah kita. Caranya dengan menyetel tombol dengan kode 456+(dua nomer sisa yang anda inginkan ). Contoh : Bila kita mengingikan alarm di batas 10 KWh maka kita tekan tombol 456+10 kemudian Enter.

 

  • Bisa cek informasi tarif listrik PLN

 

Tarif listrik PLN bisa berubah -ubah tiap tahunnya sesuai dengan peraturan pemerintah. Maka cukup mudah bagi kita pelanggan listrik prabayar untuk bisa cek tarif tersebut, caranya dengan memasukkan 20 digit token yang sudah kita beli pada meteran listrik, kemudian bagi 93rb , yang mana 93rb itu misal kita peroleh dari membeli vocer listrik seharga 100rb dikurangi pajak (PJU) 7% maka hasilnya 93 rb, lalu enter maka anda akan mengetahui tarif listrik yang ada.

 

  • Aman dari pencurian listrik

 

Apabila kita memiliki usaha rumah kontrakan kos-kosan dengan sistem prabayar inilah yang paling aman dari pencurian listrik. karena meteran prabayar ini sangat sensitif sekali jika terjadi adanya orang yang akan mengotak atik meteran tersebut. Membuka tutup MCB saja otomatis akan terjadi pemutusan arus listrik, dan untuk menghidupkan kembali harus melapor ke pihak PLN dahulu.

×