Bagi Anda entrepreneur atau pemilik usaha yang baru maupun sudah lama dikelola, tahukan Anda, bahwa ada serangkaian sikap mental wirausaha yang dapat melancarkan kegiatan bisnis kita dan membantu dalam meraih kesuksesannya? Seperti apakah sikap yang dibutuhkan tersebut?

 

Sikap Mental Wirausaha yang Wajib Ditiru

 

Ada serangkaian sikap mental wirausaha yang sudah semestinya dipahami dan dilakukan para pebisnis, diantaranya:

 

  1. Kecerdasan Emosional

Sikap mental yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan yang pertama adalah kecerdasan emosional. Seorang pengusaha dituntut tidak hanya pandai saja, akan tetapi juga mampu mengelola emosi mereka dengan baik. Seperti yang dikemukakan Howard Gardner kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam menyadari dan mengelola emosinya sendiri, peka terhadap kondisi emosi orang lain, mampu merespon emosi dengan baik ketika bernegosiasi dengan orang lain, serta mampu menggunakan emosi sebagai alat untuk memotivasi dirinya sendiri.

Dengan pengelolaan emosi yang baik, sebagai seorang pengusaha Anda akan bisa lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan, dan bisa menempatkan diri serta bersikap dengan tepat dan tidak impulsif.

 

  1. Percaya Diri

sikap mental wirausaha percaya diri

Pebisnis yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi dianggap lebih dapat meraih kesuksesan, karena ia memiliki mental yang kuat. Pebisnis akan percaya bahwa rezeki telah ada yang mengatur.

 

  1. Keyakinan

Selain yakin akan kemampuan diri, sikap mental wirausaha lainnya adalah yakin. Yakin pada bisnis yang dijalankan, yakin pada produk usaha, yakin pada pasukan atau team maupun karyawan yang membantu. Dan tak lupa, yakin pada Tuhan yang akan memberkati perjalanan bisnisnya.

 

  1. Tidak Anti Perubahan

Seorang wirausaha tidak boleh takut akan perubahan, karena perubahan itu nyata adanya dan pasti akan terjadi. Sikap mental wirausaha yang baik adalah mampu beradaptasi dan mengaplikasikannya pada bisnis yang dijalankan.

 

  1. Tidak Takut Gagal

Banyak orang berpendapat bahwa takut gagal, berarti ia takut untuk bertumbuh. Seorang wirausaha yang bermental kuat tidak akan gentar akan hal ini. Karena ia dapat mempelajari banyak hal dari kegagalan yang dialami, kemudian menjadikannya lebih sukses dari sebelumnya.

 

  1. Tidak Membandingkan Dirinya dengan Orang Lain

Orang dengan mental kuat percaya bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, begitupun bisnis yang dijalankan. Maka ia berusaha untuk naik, tanpa menjatuhkan orang lain.

 

  1. Olah Raga

Selain cerdas secara emosional, wirausaha sukses biasanya memiliki waktu atau meluangkan waktunya untuk berolahraga. Karena mereka berpikiran bahwa tubuh dan kesehatan merupakan aset bisnis yang perlu dijaga. Pelajari juga berbagai aktivitas fisik yang anda butuhkan.

 

  1. Bersikap Positif

Sejalan dengan kecerdasan emosional tadi, sikap mental wirausaha berikutnya yaitu senantiasa berpikir dan melihat dan bertindak dari sisi positif. Pengusaha akan berpikir bahwa bisnis ini bukan hanya untuk kesuksesan dirinya, tapi juga untuk membawa manfaat bagi banyak orang.

 

  1. Memperkaya Ilmu

Seorang wirausaha yang sukses senantiasa menambah dan memperkaya keilmuannya, karena menurutnya seiring berjalan waktu, akan lebih banyak hal yang dipelajari dan akan berguna pada bisnis yang dijalankan.

 

  1. Jujur dan Tanggung Jawab

Selain beberapa hal di atas, pastinya seorang wirausaha yang baik adalah mereka yang senantiasa bertindak jujur dan bertanggung jawab penuh atas apa yang ia jalankan.

 

  1. Tekun dan Ulet

Sikap mental wirausaha lainnya yang harus dimiliki agar usaha lancar adalah ketekunan. Keuletan tersebut akan membawanya pada hasil yang diinginkan.

 

  1. Konsisten dan Pantang Menyerah

Selain tekun, konsistensi juga penting. Karena ia akan terus mencoba dan menjalankan bisnis tersebut dengan sepenuh hati dan tidak akan mudah menyerah pada keadaan. Pertanyaannya adalah, saat usaha anda bermasalah, pilih bertahan atau menyerah?

 

  1. Kreatif

Hal berikutnya yang menunjang kesuksesan seorang wirausaha adalah mampu berpikir dan mengambil tindakan yang kreatif. Artinya, ide-ide yang dimilikinya fresh, mampu memotivasi timnya, dan memiliki pemikiran berbeda yang kemudian akan membawanya pada kesuksesan.

×