Setiap pemilik usaha harus memiliki suatu strategi promosi tersendiri yang mereka gunakan untuk mempromosikan usaha mereka. Menurut Moekijat dalam bukunya yang berjudul “Manajemen Pemasaran” dan diterbitkan di tahun 2000, strategi promosi dapat diartikan sebagai kegiatan sebuah perusahaan untuk mendorong angka penjualan dengan mengarahkan komunikasi-komunikasi yang meyakinkan kepada para pembeli.

Tujuannya diyakinkannya pembeli adalah agar mau membeli produk yang kita tawarkan. Dengan begitu angka penjualan bisa bertambah. Setiap pemilik usaha pasti memiliki strategi promosi yang berbeda sesuai dengan produk yang mereka miliki.

Strategi maupun Tips dalam Promosi yang Mudah untuk Pemula

Setiap pemula yang baru terjun ke dalam dunia usaha, juga harus mempelajari strategi ini. Dengan begitu, proses promosi yang mereka jalankan bisa berjalan lebih maksimal dan efektif. Inilah beberapa strategi sederhana untuk para pemula dalam melakukan promosi:

 

  1. Perhatikan Harga Jual Produk ketika Promosi

Harga adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan para pemilik usaha saat melakukan promosi produk. Sebelum menjalankan strategi promosi, maka lakukan riset atau survey kecil untuk menentukan berapa harga yang paling tepat untuk produk yang Anda jual. Pastikan harga yang Anda tawarkan sudah sesuai dengan pasaran produk yang sejenis dan sesuai dengan kualitas produk yang Anda miliki. Dengan begitu, pelanggan akan tertarik dengan harga jual produk Anda karena tidak hanya sesuai dengan kualitas yang ditawarkan tetapi juga sesuai dengan harga pasaran lainnya.

 

  1. Beri Respon yang Cepat Tanggap Pada Customer

Apabila sikap Anda ramah, to the point dan cepat tanggap, maka customer tak akan merasa ragu atau bingung. Bahkan jangan pernah remehkan hal yang satu ini, karena banyak pula customer yang memperhatikan attitude dari pelayanan Anda sebagai seorang marketing. Poin tambah yang terdapat terkait respon ini, tentu sangat bernilai karena Anda tak akan membuang waktu customer secara cuma-cuma.

 

  1. Lakukan secara Natural Seperti Kehidupan Sehari-Hari

Selanjutnya, Anda dapat mendalami suatu produk dengan mencoba atau ketahui manfaatnya secara lengkap. Pelajari dulu segala kelebihan dan kekurangannya, baru silahkan maju ke bisnis dengan strategi promosi natural yang seolah-olah memang terjadi nyata. Nah, mengapa diperlukan belajar dan latihan memahami produk? Hal ini supaya Anda terbiasa dan tidak gugup saat menjelaskan kepada seluruh masyarakat.

 

baca juga : Meningkatkan omset UKM dengan website

 

  1. Mengenali Customer Supaya Lebih Akrab dan Dekat

Inilah yang biasa disebut cara yang sederhana, namun disukai customer. Sebab semakin Anda kenal, akrab dan tahu akan keadaan customer, maka mereka merasa diperhatikan dari sisi manapun. Lalu perhatikan etika berbicara, yang dianjurkan untuk tidak terlalu cepat supaya apa yang tersampaikan mudah dicerna dan nyaman.

 

  1. Membuat Rencana Terkait Layanan dan Produk Serta Menyusun Plan Marketing

Tips dan strategi promosi bagi pemula yang terakhir yakni, membuat suatu rencana terkait adanya produk dan layanan. Namun sebelum itu, silahkan pahami lebih jauh tentang produk Anda, sehingga saat memasarkannya nanti semua bisa berjalan tanpa kendala.

Berikutnya, barulah susun plan marketing dimana strategi promosi ini harus segera terjun ke lapangan sesuai plan tersebut. Susunlah supaya terkesan lebih rapi dan teratur sesuai jadwal, bisa juga promosi ke sosial media yang sedang ramai tergantung perkembangan zaman.

Memiliki suatu strategi promosi memang sangat penting untuk setiap pemilik usaha pemula. Bisa dilakukan dengan menentukan harga jual yang tepat, memberikan pelayanan yang ramah tetapi tetap to the point, melakukan promosi dengan cara yang natural dan tidak memaksa, akrab dengan konsumen, dan membuat plan marketing. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dalam pemanfaatan media sosial atau teknologi digital dalam strategi promosi produk yang Anda jual.

×