Untuk menghilangkan stres dan penat karena pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, orang-orang tentunya membutuhkan suatu hiburan. Dan salah satu hiburan yang paling murah dan mudah dijangkau adalah dengan menonton televisi. Selain sebagai media hiburan, televisi juga bisa menjadi media untuk memperoleh informasi dengan mudah. Bisa dibilang, hampir semua rumah saat ini memiliki televisi sebagai sarana informasi dan hiburan yang terpercaya.

 

Seiring perkembangan teknologi, TV pun mengalami beragam inovasi yang lebih memukau setiap penggunanya. Seperti halnya di negara lain, di Indonesia juga menyediakan TV gratis dan TV berbayar atau berlangganan. Untuk TV berlangganan sendiri mempunyai 2 jenis media penyiaran yaitu media satelit dan media kabel, dimana masing-masing media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Lantas apa sajakah untung rugi memakai TV kabel berbayar bila dibandingkan dengan media TV satelit?

 

1. Peralatan Untuk Pemasangannya

Berbeda dengan TV satelit berlangganan, untung rugi memakai TV kabel/berlangganan yakni Anda tidak akan membutuhkan peralatan yang rumit. Jadi kelebihan untuk televisi kabel berlangganan, Anda bisa menggunakan peralatan yang lebih sederhana, seperti digital receivernya (alat penerima siaran menggunakan sistem digital).

Sementara untuk komponen utama sistem kabel konvensional, antara lain:

  •     Trunk cable, komponen kabel yang bertugas membawa signal
  •     Headend, komponen yang berfungsi untuk menangkap signal dari satelit atau gelombang yang ada di udara lalu didistribusikan ke jaringan kabel
  •     Distribution of feeder cable, bekerja untuk memperpanjang signal yang dibawa dari trunk ke gardu induk
  •     Subscriber drop, berfungsi untuk menyalurkan signal yang ada di gardu induk menuju masing-masing rumah atau pelanggan
  •     Terminal equipment, merupakan alat yang diletakkan di masing-masing rumah pengguna.

Namun kekurangan dari TV kabel ini meskipun peralatannya sederhana, tetapi Anda membutuhkan dana cukup banyak untuk biaya operasionalnya.

 

2. Jangkauan Siaran

Untung rugi memakai TV kabel/berlangganan selain dari peralatannya yaitu dari kekuatan jangkauan siarannya. Untuk jangkauan siarannya, TV kabel memang tidak memiliki jangkauan seluas TV satelit. Hal tersebut dikarenakan TV kabel hanya menjangkau wilayah tertentu yang sebelumnya sudah dilakukan survey lokasi oleh pihak pengelola.

TV kabel sendiri biasanya lebih banyak digunakan di daerah kota-kota besar serta di daerah perkantoran. Kelemahan dari TV kabel berlangganan yaitu sulit untuk dijangkau di daerah-daerah yang terpencil. Akan tetapi saat ini,  TV-TV kabel sudah banyak yang merambah ke desa-desa kecil, sehingga bisa digunakan untuk Anda yang tinggal di daerah pedesaan.

 

3. Kualitas Tampilan Gambar dan Signal

Untung rugi memakai TV kabel/berlangganan dengan TV satelit dalam hal kualitas gambarnya memang jelas berbeda. Untuk kualitas gambar dari TV berlangganan satelit maupun kabel memang tak jauh berbeda, bahkan Anda sudah bisa menikmati gambar dengan kualitas HD (high definition). Tapi untuk TV satelit berlangganan yang dilengkapi dengan antena parabola memiliki kualitas gambar yang lebih jernih.

Sementara untuk kualitas signalnya, TV kabel memiliki daya tampung dan kemampuan menerima signal yang cukup terbatas, sehingga menyebabkan signal yang diterima bisa berupa analog, terkadang juga bisa digital.

 

4. Banyaknya Channel yang Tersedia

Untung rugi memakai TV kabel/berlangganan dengan media TV satelit dalam banyak channel yang tersedia memang beda tipis. Justru bila dibandingkan dengan TV satelit yang hanya menyuguhkan sekitar 250 channel, TV kabel mampu menyediakan hingga lebih dari 300 channel.

Akan tetapi, TV kabel yang mampu menghadirkan lebih banyak channel tidak bisa menyuguhkan gambar dengan kualitas yang baik karena gabungan antara sistem analog dan digital.

 

5. Siaran Eksklusif dan Selalu Update

Untung rugi memakai TV kabel/berlangganan salah satunya Anda bisa mendapatkan informasi yang selalu terbaru. Informasi yang masih ‘hangat’ memang menjadi ‘santapan’ yang banyak disukai oleh masyarakat. Baik itu informasi seputar olahraga, informasi pasar, entertainment, dan lain-lain.

Selain itu keuntungan lain dari berlangganan TV kabel, Anda juga bisa menikmati siaran TV langsung, mulai dari berita hingga hiburan, acara lokal maupun mancanegara. Dengan informasi-informasi dan acara TV dari berbagai negara, Anda bahkan bisa menikmati TV kabel berlangganan tersebut selama 24 jam.

 

6. Perspektif Siaran Internasional

Untuk rugi memakai TV kabel/berlangganan lainnya yakni siaran internasionalnya yang bisa Anda nikmati selama 24 jam. Jika Anda bosan dengan acara-acara TV lokal, Anda bisa memilih acara TV lainnya dari berbagai channel yang tersedia.

TV kabel berlangganan tersebut juga cocok untuk ditonton bersama bahkan dengan anak-anak sekalipun. Karena dari banyaknya channel yang tersedia, ada beragam cara yang sangat mendidik, seperti National Geographic, Animal Planet, Discovery Channel, dan masih banyak lagi.

 

7. Bebas Iklan

Nah, bagi Anda yang enggan untuk diganggu iklan saat sedang menonton siaran di TV, maka berlangganan TV kabel merupakan pilihan yang sangat tepat. Jadi dengan TV kabel berlangganan Anda bisa menonton TV dengan nyaman  dan tanpa gangguan.

 

8. Harga, Lebih Terjangkau TV Kabel Berbayar atau Satelit?

Untuk segi harga, tentu saja TV kabel berbayar menawarkan kepada penggunanya harga yang lebih miring daripada TV satelit.  Akan tetapi, saat ini banyak juga kok jasa layanan TV saling berlomba untuk menghadirkan paket berlangganan yang beragam, baik pada TV kabel maupun satelit.

Terlepas dari apa saja untung rugi memakai TV kabel berbayar, sebelum memutuskan untuk memasang televisi kabel, pastikan tempat Anda tinggal merupakan wilayah yang sudah terjangkau oleh media TV kabel berlangganan agar tidak kecewa nantinya.

Nah, bagi Anda yang sedang menggunakan TV kabel, kini bisa membayar tagihan berlangganan dengan lebih mudah tanpa repot hanya dalam 1 genggaman, yaitu dengan aplikasi PPOB Nusantara. Dapatkan puluhan transaksi sehari-hari serta komisi bulanan untuk tambahan penghasilanmu. Yuk, pakai aplikasi PPOB Nusantara sekarang juga!

×