Kebanyakan orang menganggap bahwa ibu rumah tangga hanya bisa mengurus rumah. padahal hari ini banyak hal yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga, termasuk menambah penghasilan untuk keluarga. Apa saja bisnis ibu rumah tangga yang menguntung dan memiliki resiko yang kecil.

 

Bisnis Ibu Rumah Tangga

 

Menjadi ibu rumah tangga terkadang membuat kita kesulitan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Alasannya karena seorang ibu rumah tangga memiliki tanggung jawab yang sangat banyak di rumah.

 

Tanggung jawab itu seperti memastikan semua bagian rumah bersih, memastikan anak terawat dengan baik, mencuci piring, memasak, mengantar dan menjemput anak sekolah, dan masih banyak yang lainnya. Padahal saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang berhasil bahkan menaikkan finansial keluarga dengan menjalankan bisnis.

 

Bisnis Ibu Rumah Tangga yang menguntungkan dan minim modal

 

Dengan menjalankan bisnis, waktu untuk mengurus rumah tak akan terganggu karena menjalankan bisnis adalah pekerjaan yang sangat fleksibel. Selain berbisnis, Anda juga bisa mengerjakan pekerjaan freelance yang juga sifatnya fleksibel. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis atau usaha yang bisa dicoba ibu rumah tangga :

 

1 Reseller dan Dropship

 

Di sela waktu luang, ibu rumah tangga bisa menjalankan bisnis reseller atau dropship. Bisnis ini tentu akan menghasilkan keuntungannya besar jika Anda rajin posting dan update barang. Produk apapun bisa dicoba untuk menjalankan bisnis reseller ini, bisa berupa pakaian anak, kosmetik, pakaian dewasa, makanan, dan lain sebagainya.

 

Anda hanya perlu aktif di internet, baik itu sosial media maupun marketplace untuk menawarkan produk yang ia jual kembali dari perusahaan. Tak hanya itu, barang yang dijual kembali ini juga bisa ditawarkan secara offline kepada tetangga atau teman.

 

2 Jasa Rias

 

Bisa dikatakan semua wanita bisa berdandan, namun tak semua agenda membolehkan wanita untuk merias dirinya sendiri. Misalnya saja saat menikah, wisuda, pemotretan, dan agenda lainnya. Anda bisa menjalankan bisnis jasa rias yang cukup fleksibel dan tak membuang banyak waktu.

 

peluang bisnis anti corona

 

3 Katering

 

Bisnis kali ini sudah banyak dicoba oleh para ibu rumah tangga karena cukup menguntungkan. selama masih ada orang membutuhkan konsumsi di acara yang orang-orang adakan bisnis ini akan tetap eksis. Acara tersebut acara pernikahan, pengajian, arisan, rapat, pertemuan, dan lain-lain akan membutuhkan konsumsi.

 

Bisnis ini berpotensi memberikan kesempatan ibu rumah tangga mendapatkan pemasukan lebih. Karena bisa dinilai bisnis makanan adalah bisnis yang bisa memberikan profit besar. Selain itu, saat mengerjakan pesanan catering, Anda bisa sekalian menyiapkan makanan rumah untuk suami dan anak.

 

4 Berjualan Online

 

Bisnis ini cukup mirip dengan menjadi reseller, hanya saja cakupan bisnis berjualan online ini cukup luas. Anda bisa jual produk-produk handmade atau produk lainnya yang dibuat sendiri. Menjalankan bisnis ini sangatlah mudah. Alasannya, sekarang ini sudah banyak sekali situs marketplace yang bisa diandalkan, banyak digunakan konsumen, dan tidak berbayar.

 

5 Penulis Freelance

 

Anda yang suka menulis atau memiliki latar di bidang kepenulisan bisa menjadi penulis lepas yang juga menguntungkan. Usaha ini bisa dikerjakan saat pekerjaan rumah sudah selesai semua, bisa dikerjakan di malam hari, dan waktu lain saat luang. Terlebih di era digital ini banyak perusahaan yang menggunakan sebuah website atau aplikasi yang mana didalamnya dibutuhkan artikel-artikel yang dibuat oleh penulis freelance.

 

6 Bisnis fashion hijab

 

Fashion sebagai salah satu sektor yang terus berkembang dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Kondisi ini telah memberikan peluang khususnya bagi para ibu yang berniat untuk memulai bisnis di rumah. Salah satu tren fashion yang banyak disoroti beberapa tahun terakhir adalah fashion hijab. Berkat popularitasnya yang terus meningkat di kalangan ibu rumah tangga, tidak heran jika bisnis ini dianggap cocok sebagai bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil.

 

Fashion di bidang hijab sendiri melingkupi gaya berkerudung, pakaian bahkan hingga aksesorisnya. Namun sebelum memulainya, penting bagi Anda untuk melakukan riset tentang preferensi masyarakat dalam memilih hijab serta pakaian yang mendukung gaya busananya. Sebagai permulaan, mungkin Anda dapat mulai menawarkannya kepada rekan arisan maupun orangtua dari teman buah hati Anda.

 

Baca juga : 9 Bisnis online tanpa modal paling menguntungkan

 

7 Bisnis tanaman

 

Sejak satu tahun terakhir gaya hidup minimalis sedang banyak dibahas dalam berbagai forum maupun di media sosial. Salah satu elemen penting yang sering disebut dalam forum-forum tersebut adalah keberadaan tanaman di dalam rumah untuk membuat rumah menjadi lebih segar dan nyaman untuk ditinggali.

 

Sejak saat itulah, mulai bermunculan baik online maupun offline store yang menjajakan tanaman hias dari yang klasik seperti lidah buaya hingga yang saat ini hits yaitu monstera. Jika diurus dengan telaten, nggak hanya pesanan tanaman secara eceran saja, anda juga bisa mendapat tawaran partai besar seperti kebutuhan dekorasi untuk restoran atau penginapan. Bisnis yang menjanjikan, bukan?

 

8 Bimbel di rumah

 

Dengan ilmu yang sudah dipegang dari bangku sekolah maupun perguruan tinggi, hal ini menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang terbilang mudah dan membutuhkan modal yang tidak banyak. Apalagi mengingat kebutuhan akan guru les yang semakin hari kian meningkat dikarenakan banyaknya anak-anak yang membutuhkan bimbingan belajar di beberapa mata pelajaran. Terlebih lagi di bidang  matematika dan bahasa inggris yang semakin krusial untuk di masa mendatang.

 

Untuk Anda yang sudah memiliki anak berusia sekolah hal ini menjadi peluang tersendiri untuk si Kecil agar lebih bersemangat dalam belajar mengingat teman-temaan di sekitar kompleknya datang ke rumah dan belajar bersamanya. Membuka usaha bimbel di rumah juga tidak terlalu menyita waktu karena Anda bisa mengatur sendiri jam belajarnya, sehingga Anda tidak perlu takut urusan rumah lainnya akan terbengkalai.

 

9 Vlogger

 

Vlogger sendiri merupakan kata yang berasal dari kata video dan blogger. Di masa-masa sebelumnya, aktivitas menceritakan pengalaman sehari-hari di dunia maya umumnya dilakukan oleh para blogger, atau orang-orang yang menggunakan media tulisan di blog. Dengan berkembangnya aktivitas dari para vlogger, hal ini justru membuka peluang bagi Anda yang ingin menunjukkan diri untuk membagikan pengalaman, hasil review bahkan uji coba resep terbaru terutama untuk Anda yang punya hobi memasak.

 

Hal terpenting yang perlu diingat adalah untuk menyiapkan materi yang kuat untuk membangun kredibilitas Anda terutama untuk yang baru akan memulai karier sebagai seorang vlogger. kemudian, Anda juga sebaiknya mulai mempelajari teknik-teknik editing dengan beberapa aplikasi video editor supaya hasil video Anda lebih nikmat untuk ditonton. Selain fleksibel, pekerjaan sebagai seorang vlogger juga cukup banyak dicari oleh klien untuk membuat sebuah review yang terpercaya. Apakah anda tertarik?

 

10 Usaha jahit

 

Menjahit merupakan keterampilan khusus yang tidak semua orang memilikinya dan Anda cukup beruntung bila ternyata memiliki kemampuan di bidang tersebut. Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menerima jahitan dari orang-orang di sekitar rumah Anda, bahkan dari teman-teman dan kerabat Anda juga.

 

Banyak orang mungkin tidak melihat ini sebagai sebuah peluang bisnis yang cukup bagus dan menjanjikan, namun jangan salah, bila bisnis ini dilakoni dengan serius maka pasti akan menghasilkan karena ongkos jahit sepotong baju tidaklah murah.

 

Anda bahkan berpeluang untuk memiliki penghasilan yang sangat besar bila ternyata Anda memiliki kemampuan khusus untuk menjahit baju-baju pesta seperti kebaya dan pakaian adat lainnya, karena ongkos jahit baju-baju tersebut cukup mahal dan menjanjikan.

 

Itu tadi 9 usaha sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa jadi inspirasi untuk Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa kesuksesan dari bisnis yang Anda rintis tidak hanya berasal dari idenya saja, tetapi juga pengelolaan keuangan yang canggih agar bisa mempermudah pekerjaan Anda.

Demikian beberapa bisnis online yang bisa ibu rumah tangga coba, yang terpenting pilihlah bisnis yang sesuai dengan passion Anda. Semoga bermanfat

×