16 Ide Kerja Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Dec 22, 2023Blog, Info, Tips

16 Ide Kerja Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga : Bagi seorang ibu rumah tangga, menjaga keluarga dan rumah tangga menjadi prioritas utama. Namun, terkadang mengembangkan sumber pendapatan tambahan bisa menjadi pilihan yang menarik. Berikut adalah 16 ide kerja sampingan yang bisa menjadi inspirasi bagi ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan:

    1. Jasa Menjahit
      Jika Anda memiliki keahlian dalam menjahit, membuka jasa menjahit pakaian atau membuat kreasi handmade dapat menjadi pilihan yang menarik.
    2. Menjadi Penulis Freelance
      Menulis artikel, konten web, atau menjadi kontributor pada situs online bisa menjadi pilihan yang fleksibel sesuai dengan jadwal Anda.
    3. Bisnis Kuliner Rumahan
      Buatlah makanan atau kue favorit Anda dan jual secara online. Mungkin Anda bisa memulai dengan pesanan dari tetangga atau teman-teman terlebih dahulu.
    4. Pelatihan atau Kursus Online
      Jika Anda memiliki keahlian atau pengetahuan tertentu, mengajar kursus online bisa menjadi pilihan yang menguntungkan.
    5. Jualan Produk Kecantikan atau Perawatan Tubuh
      Banyak ibu rumah tangga yang sukses menjalankan bisnis dengan menjual produk kecantikan atau perawatan tubuh secara online.
    6. Menjadi Virtual Assistant (Asisten Virtual)
      Menawarkan jasa sebagai asisten virtual untuk membantu pekerjaan administratif atau manajerial secara online bagi berbagai jenis bisnis.
    7. Menjadi Reseller Produk
      Anda bisa menjadi reseller produk-produk kebutuhan sehari-hari atau produk fashion secara online.
    8. Bisnis Affiliasi
      Gabung dalam program affiliasi dengan produk tertentu dan dapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil melalui link atau kode khusus.
      Bisa juga dengan download aplikasi PPOB Nusantara dimana aplikasi ini menawarkan berbagai kebutuhan seperti pembayaran listrik, pembelian tiket pesawat, tiket kereta api , top up e-wallet dan etoll dan lain lain.
    9. Pembuatan Kerajinan Tangan
      Jika Anda memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan, seperti aksesori atau dekorasi rumah, bisa menjadi sumber pendapatan tambahan yang menarik.
    10. Jasa Desain Grafis
      Jika memiliki keahlian dalam desain grafis, tawarkan jasa pembuatan desain untuk kebutuhan promosi atau branding.
    11. Penerjemah
      Jika Anda fasih dalam berbahasa asing, menjadi penerjemah secara freelance bisa menjadi pilihan yang baik.
    12. Menjadi Tutor atau Guru Les Privat
      Bagi yang memiliki keahlian di bidang akademis tertentu, menjadi tutor atau guru les privat bisa menjadi alternatif yang baik.
    13. Menjual Fotografi atau Karya Seni
      Jika memiliki keahlian dalam fotografi atau seni, menjual karya-karya tersebut bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.
    14. Jasa Konsultasi
      Jika memiliki pengetahuan dalam bidang tertentu, tawarkan jasa konsultasi untuk membantu orang lain dalam masalah yang Anda kuasai.
    15. Bisnis Tanaman Hias
      Mengembangkan bisnis tanaman hias bisa menjadi pilihan yang menarik, terutama bagi pecinta tanaman.
    16. Menjadi Podcaster atau YouTuber
      Jika memiliki keahlian atau minat dalam bidang tertentu, membuat konten audio atau video bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dijelajahi.

Memulai bisnis sampingan sebagai ibu rumah tangga bisa menjadi langkah yang menantang tetapi juga memuaskan. Penting untuk memilih ide yang sesuai dengan minat, keterampilan, dan jadwal yang dimiliki. Dengan tekad dan konsistensi, kerja sampingan dapat menjadi tambahan penghasilan yang berarti bagi keluarga.

SELAMAT HARI IBU dan selamat mencoba

× Available from 08:00 to 21:00