Setiap anggota BPJS Kesehatan tentunya akan memiliki sebuah kartu keanggotaan BPJS. Kartu inilah yang akan digunakan untuk berobat. Mulai dari pendaftaran, pengobatan, dan keperluan lainnya. Oleh karena itu Anda harus menjaga kartu BPJS ini dengan baik dan jangan sampai hilang. Namun jika kartu BPJS Kesehatan Anda hilang jangan panik, Anda bisa mencetaknya secara online.

Kartu BPJS adalah bukti bahwa Anda benar-benar terdaftar sebagai keanggotaan BPJS. Ketika dibawa ke fasilitas kesehatan atau rumah sakit, Anda perlu menunjukkan kartu BPJS sebelum diproses ke tahap selanjutnya. Terkadang jika lupa atau sedang apes, kartu BPJS Anda bisa saja hilang. Atau pada beberapa kasus lainnya, kartu BPJS mengalami kerusakan sehingga tidak bisa terbaca lagi datanya. Lantas, bagaimana cara cetak kartu BPJS?

Cara cetak kartu BPJS secara online

Cara cetak kartu BPJS dapat dilakukan secara online. Ini berarti Anda tidak harus datang ke kantor BPJS. Berikut adalah tata cara cetak kartu BPJS secara online.

  1. Unduh aplikasi BPJS Kesehatan

Langkah pertama yang Anda lakukan untuk cetak kartu BPJS secara online adalah dengan mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan berbasis Android dari PlayStore atau Appstore untuk iOs.

  1. Buka aplikasi BPJS Kesehatan

Setelah mengunduhnya, Anda bisa melakukan login atau masuk ke dalam akun Anda sesuai yang telah terdaftar menggunakan email saat pendaftaran BPJS online sebelumnya.

  1. Pilih menu peserta

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih menu peserta yang tersedia pada aplikasi. Anda bisa memilih menu “Peserta” dan “Ubah Data Peserta”.

  1. Pilih peserta BPJS Kesehatan yang akan dicetak kartu

Kemudian, pilih peserta BPJS Kesehatan Mandiri dan opsi cetak kartu e-id.

  1. Klik ikon email

Setelah itu, akan muncul ikon email dan pertanyaan apakah Anda ingin mengirim kartu e-ID ke email. Pilih “Ya” untuk meneruskan prosesnya.

  1. Buka email Anda

Segera buka dan periksa kotak masuk pada email Anda yang terdaftar pada BPJS. Carilah subjek pesan bertuliskan Kartu e-ID BPJS Kesehatan, lalu lakukan pengunduhan file terlampir.

  1. Print kartu BPJS Kesehatan yang baru

Sesudah proses pengunduhan selesai, Anda bisa cetak kartu BPJS tersebut menggunakan printer. Kemudian, kartu e-ID BPJS Kesehatan pun siap digunakan.

Selain dari aplikasi Android, Anda juga bisa mencetak kartu e-IDBPJS lewat situs resmi BPJS Kesehatan. Ketika mengakses situs tersebut, Anda hanya perlu memilih bagian menu yang sama untuk mencetak kartu.

Tapi ingat, untuk bisa mengakses kartu BPJS Kesehatan e-ID ini harus sudah terdaftar pertama kali dan pernah membayar iuran pertama kali. Jika ingin mendaftar untuk registrasi pertama kalinya, sebaiknya memang tetap mengunjungi kantor BPJS Kesehatan setempat.

Biasanya, metode pencetakan kartu dengan metode e-ID ini digunakan untuk keterangan keanggotaan bayi yang baru lahir. Bagi bayi baru lahir, identitas keanggotaannya bukan berupa kartu BPJS melainkan e-ID seperti yang bisa diunduh dari aplikasi tersebut.

 

baca juga : 9 Bisnis online menguntungkan tanpa modal

Cara cetak kartu BPJS dengan datang ke kantor BPJS terdekat

Jika Anda ingin cetak kartu BPJS Kesehatan dengan datang ke kantor BPJS terdekat sebenarnya tidak masalah. Ketika tiba di kantor BPJS, Anda bisa mengajukan permohonan cetak kartu BPJS baru. Cara cetak kartu BPJS berikutnya adalah dengan menyertakan surat pernyataan kehilangan dari kepolisian. Jangan lupa sertakan juga materai 6000 sebagai bukti legalitas surat pernyataan tersebut. Anda juga harus menyertakan dokumen pelengkap untuk mengurus cetak kartu BPJS baru ini. Jika dirangkum, dokumen yang harus dibawa adalah:

  •     Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  •     Surat pernyataan kehilangan dari kepolisian
  •     Kartu Keluarga (KK)

Ketika dokumen sudah lengkap dan permohonan cetak ulang juga sudah diisi, maka Anda bisa menyerahkannya kepada kantor BPJS terdekat. Biasanya, waktu untuk mencetak kartu baru BPJS ini adalah 1 (satu) hari kerja. Tapi tentu saja hal ini berbeda di setiap kantor BPJS. Tanyakan kepada petugas kapan Anda bisa kembali untuk mengambil kembali kartu BPJS yang baru.

Adakah denda jika kartu BPJS hilang?

Kabar baiknya, Anda tak perlu membayar denda apabila kartu BPJS dinyatakan hilang. Yang terpenting adalah segera melapor dan melakukan langkah-langkah cara cetak kartu BPJS seperti di atas. Meskipun tidak ada denda, tetap saja ke depannya kartu keanggotaan BPJS Kesehatan sebaiknya disimpan dengan baik.

Apabila kartu sebelumnya rusak, ada baiknya melapisi dengan laminating sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Jangan lupa untuk tertib membayar iuran sehingga keanggotaan BPJS Kesehatan Anda tetap aman, Anda juga dapat membayar tagihan BPJS kesehtan Anda di aplikasi PPOB Nusantara. Jika ada pertanyaan lebih jauh tentang cara cetak kartu BPJS, petugas di kantor BPJS pasti dengan senang hati akan membantu Anda.

×