Berkat perkembangan teknologi yang pesat, membuat peluang usaha juga semakin terbuka lebar apalagi yang berhubungan dengan bisnis online. Apabila dibandingkan dengan bisnis offline yang biasanya membutuhkan tempat untuk berjualan, peluang bisnis online tentu relatif lebih hemat. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar sehingga siapa pun bisa mulai menjalankan bisnis online ini.

 

Saat ini banyak peluang bisnis online yang bisa Anda temukan, namun memilih bisnis yang sesuai dengan keinginan tidaklah semudah kelihatannya. Berbagai kekhawatiran pun muncul seperti bagaimana jika tidak ada pelanggan yang tertarik, kemudian penipuan dan bahkan kebangkrutan. Namun tenang, Anda bisa menghindari risiko tersebut dengan menjalankan bisnis PPOB. Mungkin dari Anda ada yang belum tahu apa itu PPOB, berikut kami jelaskan.

 

Pengertian PPOB

 

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank, merupakan suatu loket layaknya bank yang dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan dalam satu tempat. Jadi ada dasarnya, PPOB adalah sebuah sistem pembayaran secara online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Dalam hal ini, pembayaran yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game. Selain memanfaatkan fasilitas perbankan, PPOB juga bekerja sama dengan lembaga switching sebagai pengatur lalu lintas data serta outlet atau loket untuk melayani pelanggan.

 

PPOB dapat menjadi bisnis online yang cukup menguntungkan. Di satu sisi, bisnis ini memberi kemudahan kepada publik untuk memenuhi kebutuhan aneka pembayaran. Di sisi lain, setiap ada orang yang melakukan pembayaran melalui loket atau outlet Anda, Anda akan mendapatkan komisi dengan jumlah cukup menjanjikan.

 

Keuntungan bisnis PPOB

 

Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank) memiliki banyak keuntungan. Keuntungan yang ditawarkan oleh bisnis ini pastinya sangat menarik dan sangat sayang jika Anda lewatkan. Selain cukup mudah dijalankan, bisnis ini pastinya akan memberikan hasil yang tidak akan mengecewakan. Tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang telah memulai bisnis ini.

 

Anda tertarik untuk ikut mencoba? Tidak perlu ragu untuk memulainya sekarang juga. Bisnis terbaik, mudah, dan pasti untung ini akan memberikan Anda sejumlah keuntungan yang pastinya bisa Anda andalkan. Apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan dari menjalankan bisnis terlaris satu ini? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

Komisi yang menguntungkan

 

Keuntungan bisnis PPOB yang pertama adalah mendapat komisi yang menguntungkan. Meskipun komisi yang Anda dapatkan dari menjalankan bisnis ini jumlahnya mungkin tidak terlalu besar, namun semakin besar jumlah pelanggan yang menggunakan jasa loket Anda, maka semakin besar pula jumlah komisi yang bisa Anda peroleh. Mengingat bisnis ini memiliki banyak sekali produk yang ditawarkan, jumlah komisi yang Anda dapatkan bisa menjadi semakin besar. Untuk melihat fitur PPOB bisa klik disini.

 

Dengan besarnya jumlah komisi yang ditawarkan, tidak mengherankan jika bisnis pembayaran online ini sangat diminati. Khususnya bagi Anda ibu rumah tangga yang ingin mencari aktivitas menguntungkan, bisnis PPOB ini bisa menjadi pilihan yang dapat Anda andalkan.

 

  • Bisnis PPOB memiliki pangsa pasar yang luas

 

Binsis PPOB menawarkan keuntungan besar karena pangsa pasarnya juga besar. Bisnis ini mempunyai target konsumen yang sangat luas dan jelas. Setiap masyarakat yang memiliki rumah dan menggunakan listrik merupakan salah satu konsumen yang dapat membuat bisnis ini memberikan Anda keuntungan besar.

 

Selain pembayaran dan pembelian listrik, berbagai jenis pembayaran lainnya mulai dari BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game juga bisa dilakukan melalui bisnis ini. Dengan layanan terlengkap dan pangsa pasar yang luas, jumlah konsumen Anda bisa menjadi lebih besar.

 

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah

 

Untuk mempermudah proses pembayaran, bisnis PPOB pun dihadirkan. Bisnis ini sangat bermanfaat khususnya bagi masyarakat bertempat tinggal cukup jauh dari loket pembayaran resmi. Misalnya ketika ingin membayar tagihan listrik atau air. Dengan sistem bisnis yang mudah, Anda dapat menyediakan loket yang dekat dengan rumah untuk mempermudah masyarakat membayar berbagai tagihan bulanan.

 

Kekurangan bisnis PPOB

 

Selain memiliki kelebihan, Adapun bisnis PPOB juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :

 

  1. Masalah pertama adalah saat koneksi internet tidak stabil, hal ini tentunya akan menyebabkan susah dalam melakukan transaksi. Namun ada solusi yang bisa dicoba, salah satunya adalah dengan transaksi menggunakan sms. Untuk melihat cara transaksi PPOB via sms bisa klik disini.

 

  1. Kekurangan selanjutnya adalah pendapatan fee tergantung dengan jumlah transaksi. Nah untuk mendapatkan fee yang besar Anda juga harus meningkatkan jumlah transaksi.

 

Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Usaha PPOB

 

Dalam prakteknya tidak sedikit pelaku usaha PPOB mengalami kegagalan menjalankan bisnisnya, banyak faktor penyebab kegagalan tersebut, bisa ditinjau dari beberapa hal. Berikut Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis PPOB :

 

  1. Lokasi Tempat Usaha Kurang Strategis

 

Lokasi tempat usaha sangat menentukan berhasil atau tidaknya usaha keagenan / PPOB, ini disebabkan pelanggan akan mencari tempat mudah dijangkau, ada tempat parkirnya, mempunyai atribut yang jelas dan aman. Sering agen menggunakan kedai atau ruko-ruko kecil sehingga tampil kurang menyakinkan.

 

Mari kita rinci lagi tentang tempat usaha yang kurang strategis ini :

 

  • Lokasi Di Perumahan ELIT, hindari hal ini, karena dalam satu lingkungan hanya terdapat rumah-rumah elit yang jumlah tagihannya relatif besar, sementara yang bayar sedikit, bagi bisnis berbasis fee seperti keagenan ini sangat tidak menguntungkan.

 

  • Lokasi di PERTOKOAN, sama seperti di rumah-rumah elit, di daerah pertokoan ini juga kurang menguntungkan, karena besarnya jumlah tagihan, sedangkan basis fee per transaksi.

 

  • Fasilitas dan Sarana pendukung di lokasi kurang memadai, Tempat parkir yang sempit, bahkan parkir berbayar juga menjadi penyebab malasnya pelanggan datang ke tempat kita. Kemudian kurang aman dan nyamannya lokasi, misalnya sering terjadi pencurian, kecopetan juga menjadi menurunnya pelanggan ke loket kita

 

  1. Kurangnya Pemasaran (Pasif Marketing)

 

Sering pebisnis PPOB tidak melaksanakan marketing yang aktif, mereka hanya berharap pada pelanggan yang datang (walk in customer), padahal jika berharap pelanggan yang datang ini sangat berisiko terhadap kelangsung bisnis keagenan. Pelanggan yang datang bisa jadi hanya datang sekali saja dan tidak datang lagi. Kesetiaan pelanggan untuk datang sangat mudah berubah, hati-hati terhadap pelanggan yang kecewa dengan pelayanan agen. Sekali mereka kecewa maka mereka tidak pernah akan datang lagi. Sangat di takutkan jika mereka membagikan rasa kekecewaannya itu kepada pelanggan yang lain. maka efek bola salju akan bergulir sehingga semakin banyak orang yang tidak mau datang menggunakan jasa agen.

Pemilik bisnis PPOB sering tidak mengetahui lingkungan sekitarnya, bahkan mereka tidak mengajak keluarga atau tetangganya menggunakan layanan yang ada pada agen, seperti pembayaran rekening listrik, tagihan kredit, transfer uang dan jenis pembayaran lainnya.

 

  1. Kurang Memahami Bisnis / Usaha Yang Dijalankan

 

Semangat saja tidak cukup, agen harus betul-betul memahami bisnis keagenan yang dijalaninya. Mulai dari persiapan perlengkapan dan peralatan, pelayanan yang meliputi cara menjalankan sistem keagenan baik manual maupun komputerisasinya, operasional lain yang menunjang usaha keagenan.

Banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis keagenan karena melihat keuntungan besar yang diperoleh agen lain. Namun mereka tidak tahu usaha cerdas dan kerja keras yang dijalankan oleh agen lain itu sehingga tidak berhasil.

Berbisnis keagenan dituntut memiliki kemampuan dasar komputer dan internet, karena bisnis ini berhubungan dengan berbagai pihak, yaitu provider keagenan (Kantorpos atau Bank), Mitra dari provider (Layanan yang tersedia di bisnis tersebut), Operator Telekomunikasi untuk jaringan internet, Switcher (pihak yang menghubungkan koneksi antar host provider keagenan dengan mitra mereka.

Seringkali terjadi gangguan koneksi, akses database, kerusakan printer, Laptop atau PC, menyebabkan kegagalan pembayaran, dan masalah teknis lainnya. Ini juga harus dipahami oleh agen. Jika tidak inilah yang menjadi penyebab kegagalan dalam bisnisnya.

 

  1. Tidak Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

 

Perkembangan teknologi informasi begitu cepatnya, banyak agen tidak memanfaatkan perkembangan ini, bermunculannya media sosial telah merubah gaya hidup, interaksi di media sosial bukan hanya sekedar “say hello” lagi, namun sudah menjadi media bisnis. Agen yang tidak memanfaat media ini akan jauh tertinggal bahkan bisa gagal dalam bisnis PPOB nya.

 

  1. Pelayanan Yang Buruk

 

Banyak agen mengira dia sudah memberikan pelayanan terbaik, namun penilaian sebenarnya bukan dari diri kita, yang menilai kita adalah orang lain / pelanggan. Salah satu indikator pelayanan kita baik adalah berulangnya kembali pelanggan datang untuk menggunakan jasa kita.

Pelayanan yang buruk bisa saja berupa, proses pelayanan di loket, tidak memberikan senyum, kembalian recehan yang tidak diberikan, kasar dari sikap dan perilaku, tidak memberikan solusi namun masalah baru. Contohnya : pelanggan datang membawa paket untuk dikirim, ternyata paket tersebut harus di packing, lalu pelanggan di suruh balik atau keluar lagi dari agen, untuk melakukan packing sendiri. Alangkah bagusnya jika packingnya di lakukan oleh agen sendiri.

 

Kesimpulan

Banyak hal yang menjadi Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis PPOB, beberapa hal diatas merupakan penyebab utama dan harus menjadi perhatian bagi masyarakat yang menggeluti Bisnis PPOB. Dengan mengetahuinya bisa menjadi dasar agar menghindari kegagalan yang akan terjadi.

 

Syarat Mendaftar PPOB

 

Nah, bagi Anda yang mau mendaftar menjadi agen PPOB, Anda bisa memulainya sekarang juga. Tidak perlu ragu dan bimbang karena pendaftarannya gratis dan persyaratannya juga sangat mudah. Berikut beberapa persyaratan untuk menjalankan bisnis PPOB :

 

  • Niat

 

Niat merupakan kunci utama dalam melakukan segala hal, salah satunya adalah niat menjalankan bisnis ini. Apabila Anda sudah memiliki niat yang mantap, Anda akan lebih bersemangat menjalankan bisnis ini untuk menjadi berkembang dan sukses.

 

  • Akses internet

 

Akses internet diperlukan untuk menjalankan aplikasi PPOB, walaupun bisnis ini juga bisa menggunakan sms. Tetapi jika transaksi menggunakan sms sedikit ribet sebab harus menghafal kode dan format. Akses internet tidak perlu yang kencang koneksinya, yang penting stabil. Dan apabila anda memiliki tetangga yang memasang wifi, Anda bisa manfaatkan koneksinya.

 

  • Rekening Bank atau internet banking

 

Rekening bank atau internet banking ini digunakan untuk memudahkan Anda dalam melakukan deposit. Tetapi tenang bila anda belum memiliki rekening bank, Anda bisa melakukan setor tunai ke bank atau menggunakan jasa BRIlink terdekat.

 

  • Smartphone atau computer dan printer

 

Untuk menjalankan bisnis PPOB bisa dengan smartphone atau computer. Anda bisa memilih mau menggunakan yang mana, atau bisa juga menggunakan keduanya. Dan untuk printer ini digunakan untuk mencetak struk transaksi.

 

  • Tempat usaha

 

Untuk tempat usaha sebenarnya tidak wajib, sebab Anda bisa menggunakan rumah Anda untuk menjalankan bisnis ini. Tetapi jika Anda sudah memiliki ruko akan lebih baik.

 

Langkah-langkah mendaftar PPOB

 

Setelah Anda mengetahui apa saya persyaratan mendaftar agen PPOB, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Untuk pendaftaran ini sangat mudah, yang perlu Anda lakukan adalah :

 

  • Pendaftaran PPOB Online

 

Anda bisa mendaftar secara online melalui website https://ppobnusantara.com/ . setelah itu silahkan klik menu pendaftaran loket. Nanti akan muncul form yang harus Anda isi, silahkan diisi dengan data yang benar. Setelah itu data login seperti username akan dikirim ke email terdaftar. Bagaimana mudahkan cara mendaftar PPOB.

 

×