Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar – Untuk bisa melakukan panggilan telpon, mengirim SMS, atau pun mengakses internet di smartphone tentunya kita membutuhkan kartu SIM dari operator seluler resmi yang terdaftar.

Nah, yang perlu diketahui, di pasaran terdapat 2 jenis kartu SIM perdana yang dihadirkan oleh operator, yaitu kartu prabayar dan kartu pascabayar. Kedua jenis kartu SIM tersebut tentunya tidaklah sama.

 

Menurut istilah Bahasa Indonesia kata “pra” memiliki arti “sebelum” dan kata “pasca” punya arti “sesudah”. Jadi dari istilah tersebut bisa diartikan bahwa bila kita memilih kartu prabayar, berarti kita harus melakukan transaksi pembelian dengan sejumlah uang terlebih dahulu.

Sedangkan untuk kartu pascabayar justru sebaliknya, kita bisa sepuasnya menikmati produk yang diinginkan baru kemudian membayarnya belakangan.

Contoh lain metode pembayaran prabayar dan pascabayar juga diterapkan pada perusahan listrik negara atau disingkat PLN. Bagi pengguna listrik prabayar diharuskan membeli token terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan akses listrik, sementara bagi pengguna listrik pascabayar akan mendapatkan tagihan yang harus dibayar di akhir bulan sesuai jumlah pemakaiannya.

Nah, bagi kalian yang masih belum paham perbedaannya, berikut ini Teknologi.id rangkum sejumlah perbedaan kartu prabayar dan pascabayar beserta kelebihan dan kekurangan keduanya agar kalian bisa lebih bijak untuk menentukan pilihan.

 

Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

  1. Pengisian Pulsa dan Kuota Data

Dalam hal pengisian pulsa maupun kuota data, pengguna kartu prabayar bisa membelinya dengan nominal berapa saja dan kapan saja. Bahkan, pengguna juga memiliki pilihan untuk tidak melakukan pengisian pulsa apabila dana sedang mepet.

Lain halnya dengan layanan pascabayar, dimana kalian mesti membayar terus menerus pada waktu yang sudah ditentukan meskipun kalian tidak menggunakannya.

 

  1. Pembayaran

Dalam hal pembayaran, kartu prabayar lebih unggul. Sebab, lebih simpel dan praktis. Yang mana saat membutuhkannya, tentu kalian bisa langsung menuju ke konter untuk memilih ragam paket yang tersedia.

Sedangkan layanan pascabayar mengharuskan kalian untuk membayar tagihan tepat waktu. Tentu ini lebih merepotkan. Biasanya, sistem layanan pascabayar ada yang ditagih dalam periode waktu tertentu, umumnya dalam 30 hari.

Jika kalian ingin yang lebih simpel dalam hal pembayaran, kartu prabayar lebih direkomendasikan. Namun, tentu saja, layanan pascabayar lebih unggul dalam hal tidak kehabisan pulsa. Kalian tidak perlu khawatir saat melakukan panggilan yang penting tetapi terputus tiba-tiba karena pulsa habis.

 

  1. Harga Paket

Kelebihan dan kekurangan kartu prabayar dan pascabayar yang selanjutnya adalah masalah harga. Untuk layanan prabayar memang jika dikalkulasi maka harganya akan lebih mahal ketimbang pascabayar. Pun, penggunaan pemakaian pada kartu pascabayar dinilai lebih transparan dan dapat diperiksa kapan saja.

 

  1. Pendaftaran Kartu

Untuk mendaftarkan kartu prabayar, kalian cukup menggunakan nomor induk kependudukan, nama asli, dan sebagainya. Bahkan, saat ini, ada juga beberapa konter yang tidak mengharuskannya. Tinggal bayar saja, di-registrasikan oleh pihak konter, beres! Kalian bisa langsung menggunakannya.

Namun, jika kalian ingin menggunakan kartu pascabayar, maka pendaftarannya cukup ribet. Banyak persyaratan yang perlu dipenuhi agar kalian bisa menggunakan layanan ini. Persyaratan tersebut meliputi kartu identitas resmi serta berbagai prosedur pembayaran yang cukup rumit.

 

  1. Jaringan

Banyak pihak yang menyatakan bahwa jaringan yang digunakan pada layanan pascabayar dinilai lebih baik daripada layanan prabayar.

 

  1. Gangguan

Dalam banyak kasus, pengguna baru dari layanan kartu pascabayar mengeluhkan adanya telepon atau SMS masuk yang berasal dari beragam instansi, seperti real estate, bank, dan sebagainya. Tentu saja, telepon atau sms ini akan sangat mengganggu.

 

  1. Pilihan Paket

Ternyata, pilihan paket untuk kartu prabayar maupun pascabayar sama-sama beragam. Mulai dari paket telepon, paket data, hingga paket SMS cukup bervariasi. Nah, keuntungan memilih kartu pascabayar dalam hal ini adalah bisa menekan tagihan pada kartu SIM supaya tidak melonjak karena iming-iming paket internet yang menggiurkan.

 

  1. Pemilihan Nomor

Kelebihan menggunakan SIM pascabayar adalah kalian dapat memilih sendiri nomor yang sesuai dengan keinginan. Selain dapat membuat nomor lebih mudah dihafal atau nomor cantik, penggunaan SIM pascabayar memungkinkan kalian memiliki jumlah nomor yang lebih sedikit. Ya, hanya sekitar 10 sampai 11 nomor.

Akan tetapi, jika kalian memilih SIM prabayar, maka kalian harus memilih nomor apa adanya yang tersedia pada konter tersebut. Pastinya, kalau tidak beruntung, nomor acak lah yang akan kalian terima.

 

  1. Risiko

Memiliki kartu pascabayar memang terkesan lebih menyenangkan dan menguntungkan. Namun, ternyata memiliki risiko yang cukup besar. Sebab, apabila smartphone kalian hilang tetapi tidak melakukan laporan segera, maka nomor tetap bisa digunakan.

Jika sudah begitu, tagihan pemakaian kartu pun akan tetap menjadi tanggungan kalian meski bukan kalian sendiri yang menggunakannya.

Berbeda dengan kartu prabayar, orang yang menggunakannya lah yang harus membeli sejumlah pulsa atau kuota data untuk menggunakan berbagai layanannya.

 

baca juga : Apa perbedaan listrik prabayar dan listrik pascabayar

 

Untung Rugi Memakai Kartu Pascabayar

Kartu SIM (Subscriber Identity Module) adalah sebuah kartu berukuran kecil yang ditaruh di telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. SIM card atau kartu SIM tentu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam urusan komunikasi saat ini oleh sebagian besar orang. Sebagai pengguna aktif ponsel, pernahkah Anda bingung memilih provider kartu SIM mana yang cocok untuk Anda atau justru bingung menentukan apakah akan menggunakan kartu prabayar atau pascabayar?

Berbeda dari dari kartu prabayar, sistem kartu pascabayar sendiri justru mengizinkan pelanggan menggunakan kartu tersebut terlebih dahulu untuk layanan komunikasi maupun data dan kemudian pada akhir periode pengguna akan dibebankan sejumlah tagihan sesuai dengan pemakaian.

Namun di Indonesia sendiri pengguna kartu pascabayar memang tidak sebanyak kartu prabayar. Lantas apa sajakah untung rugi memakai kartu pascabayar?

 

Keuntungan Menggunakan Kartu Pascabayar

    1. Banyak Paket yang Tersedia

Tak hanya operator untuk kartu prabayar saja, kini kartu pascabayar pun menyediakan beragam pilihan paket untuk para penggunanya. Salah satu untung rugi memakai kartu pascabayar yang banyak dilirik adalah beragamnya paket yang bisa dipilih, seperti paket telepon, sms, paket data dan paket dobel.

Adanya paket-paket tersebut, Anda akan lebih bisa menekan tagihan kartu SIM agar tidak terlalu banyak. Sebenarnya bila dibandingkan dengan paket pada kartu prabayar, paket-paket pada kartu pascabayar justru jauh lebih murah.

 

    2. Time Unit Lebih Pendek

Untung rugi memakai kartu pascabayar lainnya yakni time unit yang ditarif lebih pendek bila dibandingkan dengan kartu prabayar. Jika pada kartu prabayar, tarif panggilan untuk time unit sekitar 30 detik, dimana artinya jika Anda melakukan panggilan selama kurang dari 30 detik, Anda akan tetap dikenakan biaya panggilan yang sama dengan 30 detik.

Sedangkan pada kartu pascabayar, time unit-nya lebih pendek dari kartu prabayar, yakni sekitar 6-10 detik, tergantung pada provider kartunya.

 

    3. Tidak Akan Kehabisan Pulsa

Untung rugi memakai kartu pascabayar selanjutnya yakni Anda tidak akan khawatir tiba-tiba kehabisan pulsa dan harus segera mengisinya. Rasanya sungguh tidak asyik bukan jika tiba-tiba saat melakukan panggilan terputus begitu saja karena kehabisan pulsa?

 

    4. Nomor Bisa Dipilih

Nah, bagi Anda yang sulit menghafal nomor, kartu pascabayar tersebut bisa menjadi alternatif yang tepat. Pasalnya, dengan menggunakan kartu pascabayar, Anda bisa memilih sendiri nomor sesuai dengan keinginan Anda. Selain bisa membuat nomor yang ‘cantik’, kartu pascabayar umumnya juga memiliki jumlah digit nomor yang lebih sedikit, yakni antara 10-11 nomor.

Untuk mendapatkan nomor yang Anda inginkan, Anda bisa memilih di website resmi operatornya dan gunakanlah nomor yang belum terpakai oleh pelanggan lainnya.

 

    5. Tak Perlu Ganti Kartu Saat Berpindah Sistem

Untung rugi memakai kartu pascabayar lainnya juga tidak merepotkan Anda saat ingin merubah kartu prabayar Anda menjadi kartu pascabayar. Tidak perlu untuk ganti kartu, cukup datang saja ke kantor operatornya, maka Anda bisa menggunakan nomor yang sama menjadi kartu pascabayar.

 

    6. Menghubungi Call Center Tidak Akan Dikenakan Biaya

Saat terjadi masalah dengan kartu Anda, tanpa harus repot datang ke kantornya, Anda bisa melakukan call center operator secara gratis. Untuk pengguna kartu pascabayar, call center tidak akan dikenakan biaya karena operator selalu memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada setiap pengguna pascabayar. Bahkan identitas Anda juga sudah tercatat di database operator.

 

    7. Jika Kartu Hilang Mudah Diganti dan Diurus

Nomor telepon seakan sudah menjadi identitas pemiliknya, sehingga banyak pengguna ponsel yang terus mempertahankan nomor tersebut agar mudah untuk dihubungi.

Nah, disinilah kelebihan lain dari kartu pascabayar, dimana Anda tidak perlu khawatir lagi jika nomor tersebut hilang. Cukup lapor saja ke kantor polisi dan juga kantor operator, maka Anda bisa mendapatkan nomor yang sama karena identitas Anda sudah tercatat.

Kekurangan Menggunakan Kartu Pascabayar

    1. Sulit Mengontrol Pemakaian

Untung rugi memakai kartu pascabayar selain beberapa kelebihan di atas, kartu pascabayar juga memiliki beberapa kekurangan, seperti salah satunya yaitu sulit untuk mengontrol pemakaian.

Karena pemakaian sulit terdeteksi, pengguna kartu pascabayar biasanya tidak akan sadar bahwa sudah banyak jumlah pemakaiannya. Hal tersebut bisa membuat tagihan bulanan Anda membengkak.

 

    2. Resiko Lebih Besar

Dibalik kelebihan dari kartu pascabayar ternyata juga bisa menjadi kekurangan. Untuk pengguna kartu pascabayar, jika ponsel Anda hilang dan Anda segera melapor, maka nomor bisa kembali seperti sedia kala.

Akan tetapi jika Anda tidak segera melapor dan nomor tersebut digunakan oleh orang lain, maka tagihan dari pemakaian kartu tersebut juga masih menjadi tanggungan Anda.

 

    3. Tetap Bayar Meskipun Tidak Pakai

Pada beberapa operator kartu pascabayar biasanya akan menerapkan prinsip abodemen atau dengan kata lain pakai-tidak pakai Anda akan tetap bayar. Meskipun beberapa operator telah menghilangkan prinsip abodemen tersebut, tapi operator juga masih menetapkan batas penggunaan setiap bulannya.

Terlepas dari untung rugi memakai kartu pascabayar, pastikan Anda memilih menggunakan kartu tersebut sesuai dengan kebutuhan. Namun bagi Anda seorang bussinesman atau memiliki intensitas komunikasi yang tinggi, penggunaan kartu pascabayar sangat recommended lho karena bisa lebih memudahkan dan hemat.

Bila Anda menggunakan SIM card pascabayar, Anda bisa melunasi tagihan dengan lebih mudah ditambah dapat cashback hanya dengan 1 aplikasi PPOB Nusantara. Daftar sekarang.

×