Perkenalkan saya Sinta, saya adalah  mahasiswa semester lima di salah satu universitas Yogyakarta, di Yogyakarta ini saya adalah perantau. Jujur, semester lima adalah masa-masa dimana lagi sibuk-sibuknya dengan perkuliahan, ada KKN (Kuliah Kerja Nyata), PKL (Praktek Kerja Lapangan), dan kegiatan-kegiatan kampus lainnya. Dengan kepadatan semester lima ini membuat saya kesulitan untuk membayar pajak. Jarak dari Yogyakarta ke kampung halaman yang bisa terbilang jauh, sehingga membuat saya lalai akan kewajiban yaitu membayar pajak.

Setiap tahun saya selalu direpotkan dengan pengurusan perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) karena harus mendatangi langsung ke kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Kemudian di tempat saya PKL, saya dikenalkan oleh rekan saya bahwa adanya SAMSAT Online, ya betul bayar SAMSAT secara online, tidak perlu lagi mengorbankan waktu untuk mendatangi kantor Samsat, mengantri hingga berjam-jam, dan dapat menghindari calo yang menawarkan untuk pengurusan STNK dengan meminta bayaran yang tinggi. harus ngurusin perpanjangan setiap tahunnya dan harus mendatangi  SAMSAT langsung.  Namun sekarang ini pengurusan perpanjangan STNK tidak lagi merepotkan saya, karena pelayanan pembayaran pajak STNK dapat dilakukan melalui transaksi elektronik SAMSAT Online di PPOB Nusantara.

layanan Samsat Online ini bisa dinikmati dari ponsel berbasis android dengan mengunduh aplikasi PPOB Nusantara. PPOB adalah kependekan dari Payment Point Online Bank yang merupakan sistem pembayaran daring dengan menggunakan fasilitas perbankan. Di aplikasi PPOB Nusantara ini terdapat fitur SAMOLNAS (Samsat Online Nasional) yang merupakan fitur untuk bayar pajak. Dengan menggunakan layanan Samsat Online ini, pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan catatan selama sepanjang jatuh tempo STNK belum berakhir.

Proses pengaksesan Samsat Onlinenya pun begitu mudah dan cepat. Wajib pajak hanya diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan. Pastikan informasi data diri dan data kendaraan telah terisi dengan benar. Wajib pajak nantinya akan mendapatkan kode bayar yang harus dimasukkan diawali dengan kode institusi. Selanjutnya, wajib pajak akan menerima balasan konfirmasi pembayaran yang menampilkan informasi tentang identitas kendaraan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Jika transaksi sudah berhasil, wajib pajak bisa menunjukkan bukti pembayaran tersebut ke kantor Samsat terdekat guna untuk pengesahan STNK. Berikut terdapat cara-cara yang lebih jelasnya untuk membayar pajak di PPOB Nusantara:

Cara bayar pajak kendaraan bermotor online di PPOB Nusantara

Tahap pada aplikasi E-Samsat
  1. Download dan unduh aplikasi SAMOLNAS (samsat online nasional) di play store/app store
  2. Klik “mulai”
  3. Lalu akan muncul “Terms and Condition” kemudian pilih “setuju”
  4. Pilih fitur “pendaftaran”
  5. Isi data yang diminta sesuai dengan kolom yang muncul pada layar smartphone Anda, kemudian pilih “lanjutkan”
  6. Setelah itu akan muncul tampilan data pemilik kendaraan, informasi kendaraan, dan total biaya lalu pilih “setuju”
  7. Kemudian muncul “kode bayar” lalu pilih “salin kode”
Tahap Pada Website PPOB Nusantara
  1. Log in ke loket PPOB Nusantara loket.ppobnusantara.co.id
  2. Pilih menu transaksi SAMOLNAS
  3. Pastikan kode bayar tadi pada kolom kode bayar dan isi NIK sesuai STNK, lalu klik “inquirty”
  4. Setelah itu muncul tampilan tagihan, lalu klik “bayar”
  5. Jika pembayaran berhasil struk akan tercetak
  6. Cek kembali aplikasi SAMOLNAS, lalu pilih menu info proses untuk melihat status pembayaran.

 

Mudah sekali bukan? Kabar baiknya untuk SAMOLNAS (Samsat Online Nasional) di PPOB Nusantara ini sudah tersedia 19 Provinsi di seluruh Indonesia diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Denpasar/ Bali, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sumatera Utara, NTT, Sulawesi Tengah, Lampung, Kaltara, Sulut, NTB, Kalimantan Timur. Penggunanya pun sudah ribuan! Jadi tidak diragukan lagi, sudah pasti aman dan terpercaya. Sekarang saya bisa bayar pajak tanpa harus mudik dulu, masalah perkuliahan selesai, kewajiban sebagai warna negara untuk bayar pajak juga selesai.

Senang sekali dengan adanya SAMSAT Online ini sangat memudahkan untuk orang-orang yang sedang berada diluar kota. Tetapi untuk layanan Samsat Online ini pada setiap provinsi tidak sama, tergantung pada program dari masing-masing wilayah kantor Samsat tersebut. Ada yang membuka layanan online melalui website resmi khusus pembayaran Samsat Online, ada juga yang menggunakan aplikasi berbasis android ini. Walaupun demikian, sarana atau media online yang digunakan tidak berpengaruh pada syarat dan ruang lingkup layanan Samsat Online.

Manfaat SAMSAT Online

Secara umum, Samsat online mempunyai 2 manfaat, yaitu:

  1. Bagi Samsat: Samsat online menyajikan data lebih akurat dan up to date, sehingga dapat dilihat realisasi dan penerimanya per UPT PPD maupun secara keseluruhan.
  1. Bagi Wajib Pajak: memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor, karena dapat membayar pajak kendaraan di kantor bersama Samsat manapun selama masih satu provinsi.

 

Ruang lingkup Samsat Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini masyarakat bisa menggunakan layanan Samsat Online. Keberadaan Samsat Online ini mendapat sambutan yang sangatt positif dari masyarakat. Dengan Samsat Online setidaknya mampu mempersingkat antrian yang panjang di kantor-kantor Samsat. Namun, ruang lingkup Samsat Online ini tidak seluas pelayanan pada kantor Samsat biasanya. Artinya, Samsat Online ini hanya melayani pengurusan dokumen dan pembayaran pajak kendaraan dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, masyarakat perlu memperhatikan secara seksama syarat-syarat yang diberlakukan pada layanan Samsat Online, menyediakan beberapa layanan pembayaran pajak kendaraan, karena terbatas pada ruang lingkup sebagai berikut:

  • Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dengan syarat kondisi kendaraan dalam pengesahan STNK satu tahun.
  • Pembayaran PKB dengan syarat kondisi kendaraan tidak ganti STNK.
  • Pembayaran PKB dengan syarat kondisi kendaraan disertai BPKB, STNK, dan identitas KTP asli pemilik kendaraan tercatat.
  • Pembayaran PKB dengan syarat dalam kondisi kendaraan tidak terlambat lebih dari 1 tahun.
  • Pembayaran PKB dengan syarat kondisi kendaraan baik dan berwujud fisik, artinya tidak hilang maupun rusak, lapor jual, kecelakaan di lalu lintas, dan disita karena sebagai barang bukti suatu tindakan kriminal.

Meski ruang lingkup layanannya tersebut terbatas, namun keberadaan Samsat Online ini tetap memberikan manfaat untuk masyarakat dalam  kewajiban sebagai warga negara yaitu membayar  pajak kendaraan. Tidak perlu lagi jauh-jauh mendatangi kantor Samsat di mana kendaraan bermotor  itu terdaftar, apalagi jika sedang berada diluar kota, samsat online ini sangat memudahkan sekali.  Tetapi pembayaran pajak ini dapat dilakukan di kantor Samsat mana saja selama masih berada dalam satu Provinsi. Layanan ini jelas sangat mempermudah masyarakat, karena lebih praktis, efektif dan efisien. masyarakat bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membayar pajak kendaraannya. Karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

×