Rencana usaha ibarat sebuah pondasi kesuksesan bagi seorang pengusaha. Tidak terlepas dari status pemula, junior atau senior, yang namanya pengusaha sudah pasti harus tahan banting alias memiliki mental semangat kuat dan positif dalam menghadapi segala macam tantangan usaha.

Guna membangun usaha yang sukses Anda harus memiliki rencana dan strategi usaha yang jitu. Rencana usaha yang dibuat dengan baik akan berpeluang besar meningkatkan keberhasilan usaha. Sebuah perusahaan yang memiliki dan melakukan perencanaan usaha yang baik akan lebih cepat berhasil ketimbang perusahaan yang tidak memiliki/melakukan rencana.

Lalu apa sih sebenarnya rencana usaha itu? Bagaimana cara membuat rencana usaha yang sukses? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Menjawab semua pertanyaan itu tidak mudah, tetapi menjadi hal utama yang perlu Anda lakukan.

Rencana usaha ibarat sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi rincian dari gambaran perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, target pencapaian hingga strategi pemasaran. Rencana usaha menguraikan arah, tujuan dan strategi perusahaan untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Agar usaha yang Anda bangun dan kelola berkembang pesat, harus memiliki fondasi yang kuat. Kenali 5 komponen penting dalam menyusun rencana dan strategis usaha yang jitu

1 Miliki Deskripsi Usaha yang Jelas

Apapun usaha Anda, mulai lah dengan memiliki deskripsi yang jelas dan mudah dipahami oleh semua orang. Deskripsi usaha atau gambaran yang menjelaskan bentuk usaha, produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan, untung dan rugi produk/jasa yang dijual, harga, biaya operasional perusahaan, target usaha, hingga sistem kerja yang diberlakukan.

Tips: Susunlah Visi, Misi dan Rencana Strategis tentang perusahaan Anda. Apa saja tujuan yang ingin dicapai dan strategi pencapaiannya. Deskripsikan posisi perusahaan saat ini dan yang akan datang, target pasar, keunggulan bersaing, lokasi usaha, manajemen inti, bentuk usaha, konsep manajemen yang dijalankan dan sebagainya.

baca juga : Rekomendasi bisnis rumahan di Desa yang menguntungkan

2 Lakukan Analisa dari Pesaing Usaha

Melakukan analisa sederhana dari pesaing usaha Anda bisa menjadi cara yang tepat untuk menciptakan strategi usaha yang lebih baik. Lakukan pengamatan dan analisa sederhana untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan pesaing usaha Anda. Belajarlah dari pengalaman sukses dan gagal orang lain, dengan begitu Anda bisa menciptakan rumus sukses dan strategi usaha versi Anda sendiri.

Tips: Buatlah catatan analisa kompetitor usaha Anda, amati dan tulislah apa saja kekuatan dan kelemahan usaha mereka. Lalu analisa apa saja hal yang bisa Anda pelajari dan terapkan untuk usaha Anda.

3 Strategi Pemasaran Tepat Sasaran

Strategi pemasaran mencerminkan seberapa besar potensi usaha untuk sukses dipasarkan. Tipsnya, strategi harus direncanakan dengan lengkap, mulai dari promosi produk, biaya, tempat, waktu, target produk hingga media promosi yang akan dipilih. Selalu terapkan perspektif 4P (Product, Price, Place, Promotion) agar strategi pemasaran Anda senantiasa sukses.

Tips: Membuat Rencana Pemasaran yang meliputi penjelasan pangsa pasar yang dipilih, cara pemasaran dan promosi yang dibuat sesuai dengan target pasar, hingga rencana anggaran untuk penjualan, harga, distribusi, dan biaya-biaya lainnya.

4 Miliki Laporan Keuangan

Dalam membangun usaha, keuangan menjadi hal penting dan tidak boleh disepelekan. Pelajari cara sederhana untuk melakukan pembukuan keuangan usaha Anda dengan rapi. Usahakan untuk membedakan antara modal untuk usaha dan pribadi. Jujur dan transparant dalam mengelola keuangan usaha Anda akan menjadi modal usaha yang bisa membawa kesuksesan Anda.

Unsur penting dalam membuat rencana usaha adalah pengelolaan keuangan. Anda harus miliki cara mengelola anggaran agar tetap efisien dan berjalan lancar. Pelajari pula cara membuat rencana anggaran belanja dan cara meminimalisir biaya-biaya lain. Dengan memiliki laporan keuangan yang teratur, ini bisa menjadi modal Anda kelak jika Anda membutuhkan modal tambahan dari lembaga keuangan.

Tips: buatlah laporan keuangan yang menjelaskan laporan arus kas keuangan tahun ini, ekspektasi laba, kebutuhan modal, biaya operasional, biaya tambahan, dana cadangan.

5 Menjaga Kualitas Produk/Jasa

Dalam berusaha, pastikan Anda selalu mengutamakan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Agar usaha yang Anda lakukan berkembang dengan pesat, memiliki untung yang besar dan banyak memiliki pelanggan, Anda wajib menjaga kualitas.

Misalkan, Anda memiliki usaha rumah makan mie ayam, banyak pelanggan setia Anda yang menyukai mie ayam dan sering mampir ke tempat Anda karena menjual mie ayam yang enak dengan harga yang murah. Tapi dari sisi pengusaha, Anda berpikir bagaimana caranya biar tetap untung meski harga bahan-bahan pokok mie ayam melonjak. Lakukan strategi menaikkan harga secara bertahap tetapi tetap jaga kualitas rasa dan pelayanan mie ayam Anda. Pelanggan akan terus berdatangan membeli mie ayam Anda ketika pelanggan merasa puas dengan produk dan pelayanan yang berkualitas dari Anda.

Tips: Lakukan analisa risiko yang mungkin akan Anda hadapi di masa depan serta antisipasi yang dilakukan untuk menghadapinya terkait dengan kepuasan pelanggan dan perusahaan.

6 Rencanakan Secara Cerdas

Pengusaha yang menginvestasikan waktu dan tenaga menyusun rencana usaha dengan cerdas, terbilang lebih siap menghadapi resiko persaingan usaha. Walaupun rencana usaha itu tidak menjamin 100% kesuksesan seseorang, tapi akan cara ini mampu menciptakan peluang kesuksesan.

×