Toko kelontong saat ini semakin diangap kurang menguntungkan akibat adanya modernisasi industri diberbagai bidang. Pelanggan yang awalnya datang ke toko kelontong saat ini mulai beralih ke minimarket. Tentu saja ada faktor-faktor yang menyebabkannya. Mulai dari kenyamanan tempat hingga kelengkapan barang. Namun, faktor utama yang menyebabkan minimarket terus diminati adalah karena mau berinovasi dan menyesuaikan zaman.

 

Sebagai konsekuensi dari toko yang tidak berinovasi adalah pertumbuhan minimarket yang semakin masif. Oleh karena itu, toko tersebut harus mau berinovasi dan harus menyesuaikan perkembangan zaman, berikut ini 5 tips inovasi toko kelontong di era global yang bisa Anda coba.

 

1. Lokasi yang strategis

 

Lokasi yang strategis menjadi tips yang pertama sebab lokasi merupakan poin penting dalam menjangkau konsumen. Dengan begitu pemilihan lokasi usaha tidak bisa dilakukan dengan asal. berikut beberapa  hal yang harus Anda pahami sebelum menentukan lokasi toko kelontong.

 

  • Lokasi tersebut banyak dilewati orang, atau mudah terlihat oleh calon konsumen. Dengan begitu semakin mudah orang-orang untuk menemukan toko  Anda.
  • Akses jalan toko Anda tidaklah sulit dan adanya tempat parkir.
  • Lingkungan disekitar toko Anda harus aman dari tindak kejahatan.
  • Sesuaikan dengan dana Anda.

 

2. Kenali dengan baik siapa konsumen Anda

 

Di era persaingan ketat saat ini, satu-satunya cara supaya toko kelontong Anda bisa bertahan adalah dengan benar-benar mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen Anda. Menjual produk-produk yang sesuai dengan selera dan perilaku mereka sangat menentukan kesuksesan toko kelontong Anda.

 

3. Toko kelontong dengan teknologi digital

 

Toko kelontong masih dianggap ketinggalan zaman oleh sebagian orang. Oleh karena itu, untuk menambah inovasi, toko kelontong Anda haruslah mulai menggunakan teknologi digital. Dengan penggunaan teknologi digital, pencatatan stok barang keluar-masuk akan semakin mudah dan akurat.  Selain itu sistem perkasiran di toko Anda akan menjadi lebih efisien.

 

4. Menerima pembayaran digital

 

Saat ini mulai banyak yang menggunakan uang digital ketimbang uang tunai dalam bertransaksi. Beragam keuntungan dari pihak penyedia layanan dompet digital pun menjadi magnet untuk mereka beralih ke metode pembayaran ini. oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan hal tersebut dalam menambah inovasi di toko kelontong anda.

 

5. Mampu menekan modal

 

Kembali ke rumus dasar dalam berdagang, yaitu memaksimalkan keuntungan dengan menekan modal. Untuk usaha toko kelontong, menekan modal memang bukan hal yang mudah. Hal yang bisa Anda lakukan yang pertama adalah dengan bekerja sama dengan supplier terbaik. Apa saja kriteria supplier tersebut.

 

Mencari supplier tangan pertama. Dengan bekerja sama dengan supplier tangan pertama atau produsennya langsung, Anda bisa mendapatkan harga yang paling rendah. Kemudian cari supplier yang bisa diajak negosiasi soal retur barang. Dalam menjalankan usaha toko kelontong, pasti ada saja barang yang tidak laku terjual. Selain mencari supplier yang tepat, Anda juga perlu membeli barang dengan jumlah yang tepat. Hal ini penting untuk meminimalisir jumlah barang yang menumpuk di toko.

 

6. Menambah produk PPOB

 

Dengan menjadi agen PPOB, Anda dapat melakukan transaksi di toko kelontong mulai dari transaksi Pulsa, paket data, token PLN, Voucher game, Gopay, Ovo, Dana dan masih banyak yang lainnya. Selain itu aplikasi PPOB ini juga dapat digunakan untuk pembayaran PLN postpaid, Telkom, PDAM, BPJS, Kredit, PGN dan TV berlangganan.

Untuk menjadi agen PPOB sangatlah mudah dan pendaftaranya gratis, selain itu juga tidak ada saldo mengendap. Untuk menjadi agen PPOB bisa klik disini.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat

Download Aplikasi PPOB Nusantara

×